Jumat 05 Jan 2024 23:09 WIB

Masih Batuk Setelah Berminggu-minggu, Kapan Harus ke Dokter?

Batuk biasanya bisa sembuh sendiri.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan batuk. Ada tanda-tanda bahaya yang terkait dengan batuk yang memerlukan perhatian medis segera.
Foto:

Dokter Manoj menyoroti bahwa terjadi lonjakan infeksi berbagai jenis virus, termasuk munculnya varian virus penyebab Covid-19 serta prevalensi yang meningkat dari flu, pneumonia, dan batuk rejan. Faktor lingkungan seperti cuaca buruk dan tingkat polusi juga ikut memengaruhi kondisi ini.

Terkait dengan penggunaan sirup obat batuk, dr Arjun mengingatkan pentingnya berkonsultasi dengan ahli paru sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut. Sebab, beberapa jenis sirup dapat berbeda fungsinya sesuai dengan jenis batuk yang dialami seseorang.

Di antara mitos yang berkaitan dengan batuk, dr Arjun juga menuebut bahwa banyak tren makanan yang dikaitkan dengan batuk sebenarnya tidak memiliki dasar ilmiah yang kuat. Dalam menghadapi batuk yang berkepanjangan atau gejala yang terkait dengan batuk, konsultasikan dengan ahli paru untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

"Gejala batuk yang berkelanjutan atau menggunakan obat-obatan tanpa rekomendasi medis dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius," kata dr Arjun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement