Kamis 04 Jan 2024 17:14 WIB

Disney Kehilangan Hak Mickey Mouse Steamboat Willie, Langsung 'Dicomot' untuk Film Horor

Di film horor itu, karakter ini tak dipanggil Mickey Mouse tetapi Steamboat Willie.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di trailer film horor Micke Mouse Trap. Pembuat film horor memanfaatkan momen Disney kehilangan hak cipta atas Mickey Mouse versi Steamboat Willie dengan membuat film horor.
Foto: Dok. Mickey Mouse Trap
Salah satu adegan di trailer film horor Micke Mouse Trap. Pembuat film horor memanfaatkan momen Disney kehilangan hak cipta atas Mickey Mouse versi Steamboat Willie dengan membuat film horor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Karakter Mickey Mouse versi Steamboat Willie 1928 telah diumumkan menjadi domain publik sejak 1 Januari lalu. Artinya, karakter orisinal Mickey Mouse yang terikat dengan Disney sudah berakhir.

Tak lama setelah pengumuman tersebut, produser film horor momen untuk memperkenalkan karakter seram Mickey Mouse versi Steamboat Willie. Karakter Mickey Mouse selama ini dikenal sebagai sosok yang menggemaskan bagi anak-anak.

Baca Juga

Dalam proyek horor mendatang, dikabarkan Steven LaMorte akan menyutradarai film komedi horor yang belum diberi judul berdasarkan debut kartun Mickey. Film itu akan menampilkan sosok Steamboat Willie, seekor tikus sadis yang menyiksa sekelompok penumpang kapal feri yang tidak menaruh curiga. Produksi akan dimulai pada musim semi.

LaMorte mengatakan, Steamboat Willie telah membawa kegembiraan dari generasi ke generasi. Namun di balik tampilan luarnya yang ceria, terdapat potensi teror yang murni dan kuat.

 

"Ini adalah proyek yang saya impikan, dan saya tidak sabar untuk mengungkapkan gambaran memutarbalikkan karakter tercinta ini kepada dunia," kata LaMorte dalam siaran persnya, dikutip dari Variety, Kamis (4/1/2024).

LaMorte sebelumnya menyutradarai “The Mean One”, sebuah parodi horor dari Grinch. Itu semua berasal dari kecintaan produser terhadap karakter-karakter ini.

Dalam sebuah wawancara, dia menyebutkan bahwa para pembuat film mengagumi karakter tersebut. Meski nantinya memunculkan karakter cara yang berbeda. "Ini bukan keinginan untuk menghancurkan karakter-karakter ini atau menghasilkan uang dengan cepat, tetapi untuk mencintai mereka dan menghormati mereka serta menunjukkan mereka dalam sudut pandang yang baru," ujarnya.

Hak cipta Disney atas Steamboat Willie berakhir bersamaan dengan haknya atas versi asli Mickey dan Minnie Mouse. Namun perusahaan masih memegang hak cipta untuk versi karakter yang lebih familier.

Disney mengatakan pihaknya juga akan waspada dalam mempertahankan merek dagangnya. Perusahaan dapat menuntut atas dugaan dukungan atau afiliasi dengan mereknya.

Disney mengeklaim akan terus melindungi hak-hak atas versi lebih modern dari Mickey Mouse dan karya-karya lain yang tetap tunduk pada hak cipta. Perusahaan akan berupaya untuk melindungi hak konsumen.

"Kami melindungi hak terhadap kebingungan konsumen yang disebabkan oleh penggunaan tidak sah atas Mickey dan karakter ikonik kami lainnya,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan bulan lalu.

LaMorte mengatakan, para produser bekerja dengan tim hukum untuk memastikan mereka tetap mematuhi hukum. Pihaknya melakukan uji tuntas untuk memastikan tidak ada pertanyaan atau kebingungan tentang apa yang sedang mereka lakukan.

"Ini adalah karakter domain publik versi kami. Ini adalah perjalanan menegangkan yang menakutkan dengan hati dan humor, berdasarkan karakter yang diketahui semua orang," jelas LaMorte.

Dalam film mendatang, karakter tersebut bahkan tidak akan dipanggil Mickey Mouse. Sebaliknya, dia akan menggunakan “Steamboat Willie”.

Sebelumnya, juga ada kabar perilisan trailer Mickey’s Mouse Trap yaitu sebuah film komedi horor lainnya tentang Mickey Mouse disutradarai oleh Jamie Bailey. Dalam siaran persnya, para pembuat film mengatakan mereka belum memiliki tanggal rilis, tetapi diperkirakan akan dirilis pada bulan Maret.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement