Kamis 04 Jan 2024 16:07 WIB

Idol K-Pop yang Dirikan Agensi Sendiri, Terbaru Ada Jennie Blackpink dan Baekhyun EXO

Beberapa idol K-pop mendirikan agensi sendiri untuk mengatur kegiatan solonya.

Rep: Shelbi Asrianti/Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Dari kiri ke kanan: Baekhyun EXO, Jennie Blackpink, dan DO EXO. Ketiga idol ini menjadi beberapa di antaranya yang mendirikan label agensi sendiri.
Foto: Dok. EPA/EPA-EFE/FRANCK ROBICHON/Instagram/@
Dari kiri ke kanan: Baekhyun EXO, Jennie Blackpink, dan DO EXO. Ketiga idol ini menjadi beberapa di antaranya yang mendirikan label agensi sendiri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah bernaung di bawah manajemen atau perusahaan tertentu, beberapa idol K-pop memilih mendirikan agensinya sendiri. Dengan begitu, mereka memiliki banyak kebebasan untuk berkarya, serta dapat berkembang lebih pesat tanpa intervensi. 

Sudah banyak idol K-pop yang memilih jalan ini dengan berbagai alasan, termasuk Psy, Rain, Kang Daniel, Hyolyn, Shinhwa, dan lainnya. Menyusul kemudian sejumlah idol K-pop yang akhirnya mantap mendirikan agensi miliknya sendiri pada 2023, dikutip dari laman Pop Asian Times, Kamis (4/1/2024):

Baca Juga

1. Sunggyu Infinite

photo
Sunggyu Infinite. - (Youtube)

 

Setelah semua anggotanya keluar dari Woollim Entertainment, grup K-pop Infinite muncul dengan agensi baru bernama Infinite Company. Perusahaan didirikan oleh sang leader, Kim Sung-gyu, pada 19 Januari 2023. Tak lama setelah itu, Infinite comeback dengan album baru bertajuk 13egin

2. Jaejoong eks TVXQ

photo
Kim Jaejoong, personil JYJ. - (EPA)

 

Jaejoong eks TVXQ mendirikan agensi bernama iNKODE pada 4 April 2023 bersama Noh Hyun-tae, yang merupakan mantan wakil direktur Cube Entertainment. Belum genap setahun, agensi itu kini menaungi sejumlah artis, seperti Woo Joo, Song Ji-woo, dan Jeong Si-hyun.

3. Donghae & Eunhyuk Super Junior

photo
Donghae dan Eunhyuk. - (Soompi)

 

Kontrak Donghae dan Eunhyuk Super Junior dengan SM Entertainment resmi berakhir pada 31 Agustus 2023. Tak sampai sebulan, keduanya mendirikan agensi bersama bernama ODE Entertainment pada 1 September 2023.

4. Rocky eks ASTRO

photo
Rocky eks Astro. - (Dok. Instagram/@officialastro)

 

Pada 28 Februari 2023, Rocky memutuskan keluar dari ASTRO dan Fantagio Entertainment dengan alasan ingin fokus menempuh karier solo karir.  Dia mendirikan agensi bernama One Fine Day Entertainment pada 26 Oktober 2023, bertindak sebagai CEO.

5. D.O EXO

photo
Personel EXO, D.O. - (EPA)

 

Sosok yang tidak kalah mencuri perhatian adalah D.O EXO dan agensi yang dia dirikan, SooSoo Company. Agensi yang berdiri pada 18 Oktober 2023 itu dikelola bersama manajer lamanya, Nam Kyung Soo. Meski aktif di perusahaan baru, D.O tetap menjadi anggota aktif EXO bersama Chanyeol dan lainnya.

6. Jennie Blackpink

Jennie tengah disorot dengan agensi baru yang dia dirikan, OddAtelier (OA), yang dikabarkan sudah berdiri sejak November 2023. Jennie berkarier solo bersama label barunya, namun dia tetap tergabung dalam Blackpink, grup yang masih ada di bawah naungan YG Entertainment.

 

7. Bekhyun EXO 

photo
Salah satu personel grup K-pop EXO, Baekhyun. - (Instagram/@baekhyunee_exo)

 

Penyanyi Baekhyun dari grup EXO mengambil langkah besar dengan meresmikan agensi miliknya sendiri, I&B100. Kabar ini datang dari laporan eksklusif Tenasia, yang mengungkap bahwa Baekhyun tidak hanya menjadi pemilik agensi, tetapi juga menjabat sebagai CEO.

Menurut laporan tersebut, I&B100 resmi didirikan pada 23 Juni 2023, sebelum perpanjangan kontrak Baekhyun dengan SM Entertainment pada Agustus tahun yang sama. Selain sebagai CEO, Baekhyun juga merangkap sebagai direktur internal perusahaan. Kabar menarik lainnya adalah keterlibatan sesama anggota EXO, Chen dan Xiumin, yang akan bergabung dengan agensi baru Baekhyun.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement