Ahad 31 Dec 2023 08:42 WIB

Pernah Diselingkuhi, Bagaimana Cara Sembuhkan Diri?

Proses menyembuhkan diri adalah hal penting bagi mereka yang pernah merasakan trauma.

Rep: Santi Sopia/ Red: Ani Nursalikah
Hubungan yang retak akibat perselingkuhan. Ilustrasi

Cara Menyembuhkan Diri Usai Diselingkuhi

  1. Mencari dukungan sosial
  2. Perawatan diri
  3. Mengubah hidup, seperti bepergian, mencoba sesuatu yang baru, melakukan hobi atau aktivitas baru
  4. Melakukan hal-hal yang tidak dapat dilakukan saat menjalin hubungan
  5. Waktu adalah teman karena rasa sakit akibat pengkhianatan dan segala sesuatu yang menyertainya akan hilang seiring berjalannya waktu

Tetapi meskipun demikian, tidak ada batasan waktu yang pasti, dan harus melepaskan hubungan dan mengelola pengkhianatan bisa menjadi hal yang sangat sulit. Penting untuk membuat komitmen agar hubungan berhasil.

Kilmer merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan psikolog yang khusus menggunakan terapi pasangan untuk menjalani proses penyembuhan dan mendapatkan kembali kepercayaan jika pasangan memilih untuk tetap menjalin hubungan.

Durvasula mengatakan hal utama yang perlu diingat adalah tidak akan kembali ke hubungan yang dimiliki. Sebaliknya, yaitu perlu memasuki hubungan baru dengan peraturan baru, ekspektasi baru, dan sedikit celah di tengah-tengahnya. Tidak ada tombol reset untuk kembali ke masa lalu.

Psikolog juga menyarankan agar meluangkan waktu untuk diri sendiri. Bersikaplah lembut terhadap diri sendiri, dan pahami ini mungkin berarti dua langkah maju dan satu langkah mundur.

"Pasangan Anda harus terlibat dalam membangun kepercayaan, apa pun bentuknya, dan itu mungkin merupakan hasil dari terapi pasangan,” kata Durvasula.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement