Jumat 29 Dec 2023 13:53 WIB

Polisi Nyatakan Interogasi Lee Sun-Kyun Sesuai Prosedur, Eks Presiden Korsel Angkat Bicara

Lee Sun-kyun ditemukan meninggal di mobilnya pada 27 Desember 2023.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Foto mendiang aktor Lee Sun-kyun dipajang di altar di rumah sakit, Seoul, Korea Selatan, 27 Desember 2023. Sun-kyun sempat diperiksa secara marathon atas kasus narkoba sebelum meninggal.
Foto:

Reaksi keras atas pemberitaan sensasional dan praktik penyelidikan yang berlebihan dalam kasus ini juga datang dari mantan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, yang mengecam perlakuan terhadap Lee di media. Moon Jae-in, yang juga seorang pengacara hak asasi manusia, menyuarakan keinginan untuk mengakhiri praktik tersebut.

"Praktik yang sangat merugikan kehormatan dan karakter seseorang, seperti menempatkan mereka secara berlebihan di media, dan mendorong mereka untuk mengambil pilihan ekstrem, kini harus diakhiri,” tulis Moon.

Sejumlah tokoh industri film, termasuk sutradara Parasite Bong Joon-ho dan aktor "Squid Game" Lee Jung-jae, mengunjungi acara memorial yang didirikan untuk menghormati Lee Sun-kyun.

Penyelidikan ini terjadi di tengah aksi keras pemerintahan Presiden konservatif Yoon Suk Yeol dalam "perang melawan narkoba" yang telah melakukan serangkaian penangkapan besar-besaran, termasuk terhadap selebritas dan tokoh bisnis. Undang-undang yang keras terkait narkoba di Korea Selatan dapat menghukum pelanggar dengan hukuman penjara hingga 14 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement