Rabu 27 Dec 2023 17:00 WIB

Bali, Bandung, dan Yogya Jadi Destinasi Wisata Favorit, Pelancong Siapkan Duit Berapa?

Mayoritas responden mengaku akan berlibur sekitar empat hari hingga sepekan.

Wisatawan menghabiskan waktu senja saat libur Nataru 2023 di jalur pedesterian Malioboro, Yogyakarta, Ahad (24/12/2023. Menurut survei Kementerian Perhubungan bahwa akan ada pergerakan 9,6 juta wisatawan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Salah satu tempat wisata yang masih menjadi favorit yakni Tugu Pal Putih, Malioboro, dan Keraton Yogyakarta (Gumaton).
Foto:

Untuk perjalanan akhir tahun ini, pesawat terbang (39 persen) menjadi pilihan moda transportasi mayoritas responden. Pilihan berikutnya, yakni mobil pribadi (32 persen), kereta api (23 persen), sepeda motor pribadi (22 persen), serta berbagai moda transportasi lainnya.

Secara rata-rata, responden memiliki anggaran sekitar Rp5 juta untuk berlibur. Hal ini mencerminkan masyarakat Indonesia yang semakin bijak dalam menyusun perencanaan anggaran liburan mereka.

Laporan juga mengungkap bahwa masyarakat Indonesia memiliki kecenderungan untuk menghabiskan momentum akhir tahun dengan saudara, kerabat, atau pasangan. Penelitian Populix ini dilakukan pada 21 hingga 28 November 2023 melalui pendekatan kuantitatif yang dilakukan via survei daring via aplikasi Populix terhadap total 1.058 responden laki-laki dan perempuan berusia 17-55 tahun di Indonesia dengan durasi pengerjaan survei sekitar 15 menit.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement