Rabu 27 Dec 2023 12:00 WIB

Bobby iKON Hingga Eunhyuk Suju Akhirnya Hapus Unggahan Foto Produk Terafiliasi Israel

Sejumlah idol K-pop serentak mengunggah foto produk Starbucks dan McD pada Selasa.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Personel grup iKon, Bobby. Bobby iKON juga sempat mengunggah foto mainan dari McDonalds pada Selasa (26/12/2023).
Foto: Dokumen
Personel grup iKon, Bobby. Bobby iKON juga sempat mengunggah foto mainan dari McDonalds pada Selasa (26/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jagat maya masih terus jeli memantau idol K-Pop mana yang mendukung genosida warga Gaza oleh Israel, dan mana yang masih punya hati mendukung kemanusiaan. Adalah Bobby iKON dan Eunhyuk Super Junior (Suju) yang terlihat menghapus unggahan produk terafiliasi Israel.

 

Baca Juga

Lewat akun Instagram miliknya, @be4eunhyuk, Eunhyuk sempat mengunggah foto segelas Starbucks pada Selasa (26/12/2023), dengan keterangan foto "2023.07 Czech Prague". Ia kemudian menghapus unggahan tersebut dan menggantinya dengan foto baru dengan keterangan foto yang sama.

 

 

Sementara itu, Bobby iKON juga sempat mengunggah foto mainan dari McDonalds pada Selasa (26/12/2023). Para penggemar yang disebut Ikonik sontak memberikan edukasi tentang apa yang sedang terjadi di Israel dan Palestina.

Bobby akhirnya menghapus unggahan di akun X miliknya, @bobbyranika. Ga Eul Ive juga mengambil langkah serupa.

Ga Eul Ive sempat mengunggah foto memegang segelas Starbucks di akun Instagram miliknya, @fallingin__fall. Begitu pula dengan Kevin The Boyz. Pemilik  akun Instagram @kev.in.orbit itu telah menghapus foto meminum Starbucks.

 

Keputusan para idol itu dianggap sudah bijak karena mau mendengarkan aspirasi penggemar. "Respect sama idol yang mau belajar kayak gini, nggak pura-pura buta dan tuli," kata akun @passwcord.

 

"Contoh kayak Bobby plus Yoyo Ikon, mereka awalnya juga up tapi pas ditegur fans mereka mau hapus. Tapi Doy (Doyoung NCT) ini nggak, dia malah lanjut part 2," kata akun @euphoriia_.

 

"Aku beberapa kali lihat di timeline, Bobby Ikon salah satunya yang berhasil diedukasi oleh fans. Justru aksi fans yang unfollow dan spam komentar itu berpengaruh. Tinggal idolnya aja, mau diedukasi atau menutup mata," kata akun @histeoric.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement