Senin 18 Dec 2023 08:36 WIB

Jelaskan Soal Boikot Produk Israel ke Anak, Perlukah? Ini Kata Psikolog

Produk yang selama ini digunakan untuk anak mungkin masuk ke daftar boikot Israel.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Boikot produk Israel (ilustrasi). Menurut psikolog, orang tua tidak perlu menjelaskan hal tersebut kepada anak.
Foto: muslimvillage.com
Boikot produk Israel (ilustrasi). Menurut psikolog, orang tua tidak perlu menjelaskan hal tersebut kepada anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemboikotan produk rumah tangga maupun gerai makanan dan minuman yang merupakan bagian dari jenama pro Israel jamak dilakukan Muslim selama beberapa waktu belakangan. Hal itu menjadi wujud solidaritas kepada Palestina yang menderita akibat serangan zionis Israel.

Bagaimanapun, ada sejumlah produk yang selama ini digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, konten hiburan, kosmetik, dan lain sebagainya disinyalir terkait dengan induk perusahaan yang mendukung Israel. Bahkan, memberikan donasi dalam jumlah besar atau secara berkala untuk Israel.

Baca Juga

Produk yang selama ini digunakan anak tidak mustahil masuk juga dalam daftar boikot tersebut. Lantas, perlukah memberikan penjelasan kepada anak mengenai pemboikotan dan mengapa tidak lagi menggunakan produk seperti biasanya?

Psikolog anak, remaja, dan keluarga Sani Budiantini Hermawan berpendapat orang tua tidak perlu menjelaskan hal tersebut kepada anak. "Menurut saya, masalah politik suatu negara dengan negara lain semestinya hanya dikonsumsi orang dewasa," ujarnya saat dihubungi Republika.co.id beberapa waktu lalu.

Sani mengatakan, anak perlu tumbuh di lingkungan yang kondusif, damai, dan aman. Dengan demikian, belum perlu untuk diperkenalkan maupun dilibatkan dengan masalah politik yang ada di dunia, termasuk konflik Israel dan Palestina. 

Dalam pandangan Sani, boikot produk merupakan wujud ketidaksetujuan orang dewasa atas serangan Israel terhadap Palestina. Tidak masalah jika orang tua melakukan aksi boikot, tapi bagi Sani alasan di balik hal itu sangat kompleks dan belum waktunya menjadi konsumsi anak.

Pasalnya, orang dewasa sudah memiliki banyak pilihan, muatan pengetahuan, juga nilai-nilai yang dianut hingga sampai pada keputusan boikot. Sani yang menjabat sebagai Direktur Lembaga Psikologi Daya Insani mengatakan, anak belum memiliki hal-hal tersebut.

"Walaupun, anak akhirnya akan ikut kalau orang tua tidak membeli produk-produk tertentu. Menurut saya, biarlah anak berkembang dengan damai dan tidak perlu mengajarkan masalah boikot walau orang tua menganut atau memiliki value seperti itu," ujar Sani.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement