Rabu 27 Dec 2023 09:03 WIB

Stres dan Cemas Melanda Selama Liburan, Bagaimana Cara Meredakannya?

Liburan juga bisa membuat orang kelelahan, memicu stres dan kecemasan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Sejumlah wisatawan piknik saat mengunjungi kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Jumat (17/6/2022). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan uji coba pembukaan Monas secara bertahap dan terbatas dimulai dari kawasan luar tugu dengan jam operasional mulai pukul 06.00 WIB hingga 16.00 WIB.  Republika/Putra M. Akbar
Foto:

Tips lain untuk mengurangi kecemasan selama musim liburan dari Hunt adalah dengan menjaga tingkat keseimbangan dan mempertahankan rutinitas sehari-hari. Temukan tingkat konsistensi tertentu agar sistem tubuh ataupun kondisi mental tidak terlampau melenceng dari situasi normal.  

Meskipun demikian, ini cukup menantang karena saat liburan biasanya ada godaan begadang untuk mengobrol sampai larut malam atau kelelahan setelah pergi ke tempat wisata. Setidaknya, untuk hal-hal seperti waktu makan, jadwal tidur, dan sesi olahraga sebisa mungkin perlu dilakukan tak jauh berbeda seperti biasanya saat sedang tidak liburan.

Sebab, begitu jadwal menjadi berantakan, seseorang cenderung berusaha mengejar ketertinggalan dan menjadi rentan terhadap hal-hal seperti kecemasan, kewalahan, dan lainnya. Selain itu, Hunt menyarankan selalu melihat sisi baik dalam berbagai momen.

"Fokus pada apa yang Anda syukuri, atau pusatkan perhatian pada sesuatu yang bermakna," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement