Selasa 26 Dec 2023 17:28 WIB

Bepergian Setelah Puncak Musim Liburan Terlewati, Cuti Bagusnya Kapan?

Di luar musim liburan, anak-anak masih sekolah dan orang tua bekerja.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Sejumlah wisatawan berfoto dengan gawainya saat mengunjungi Puncak Seruni Point di Probolinggo, Jawa Timur, Ahad (3/12/2023). Platform layanan perjalanan Bounce menempatkan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di posisi tiga teratas taman tercantik di dunia di bawah Taman Nasional Kruger (Afrika Selatan) pada peringkat pertama dan Taman Nasional Len—is Maranhenses (Brazil) pada peringkat kedua.
Foto:

Rizky mengingatkan liburan keluarga sebaiknya dipersiapkan sejak awal, termasuk mengenai bujeting, destinasi wisata, hingga tempat kulineran. Tentukan juga durasi di tempat yang hendak didatangi.

Selain itu, semua anggota keluarga harus mempersiapkan fisiknya. Jangan sampai karena tidak direncanakan matang, pulang liburan malah mengalami sakit. "Bagi yang membawa bayi, perhatikan perlengkapan, makanan, dan istirahatnya," ujarnya.

Rizky juga menyarankan agar tidak serbadadakan untuk menghindari risiko kebingungan dan tidak terjebak dengan harga yang serbamahal. Jangan sampai liburan yang seharusnya menyenangkan malah menambah masalah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement