Selasa 26 Dec 2023 15:08 WIB

Lagu Pengaruhi Kesehatan Mental? Ini Kata Hipnoterapis

Lagu dapat mempengaruhi kesehatan mental hingga terbawa dalam kehidupan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Mendengarkan musik (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Mendengarkan musik (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang hipnoterapis, Nabila, mengungkapkan bahwa lagu dapat mempengaruhi kesehatan mental hingga terbawa dalam kehidupan. Hal tersebut ia sampaikan lewat unggahan di akun TikTok miliknya @dr.nabilaaa dan sudah ditonton 6,6 juta kali.

“Ini bukan sekedar lagu tapi berdampak pada kesehatan mental,” ungkap dia dalam keterangan video tersebut, dikutip Selasa (26/12/2023). 

Baca Juga

Nabila mengajak semua orang untuk menghindari mendengarkan lagu-lagu galau atau sedih. “Jangan dengerin lagu galau diputar berkali-kali sambil dihayati, bisa berdampak atau terjadi di kehidupan nyata. Sugesti yang paling sederhana lewat lagu, tinggal tunggu kejadian aja di kehidupan nyata,” papar Nabila dalam videonya.

Ia juga memberi contoh beberapa penyanyi yang sering menyanyikan lagu galau, kemudian itu kejadian dalam kehidupan mereka. Walaupun pernyataan ini sebenarnya sudah sering diucapkan pula oleh orang tua zaman dahulu.

“Mulai sekarang seleksi pilih lagu, ya, termasuk tontonan. Cari lagu yang happy atau bahagia biar hidupmu berwarna terus. Dengar lagu galau boleh, tapi lagu luar yang nggak tahu artinya,” kata Nabila sembari memberi emoji tersenyum.

Kolom komentar pun ramai dengan cerita warganet yang pernah mendengar nasehat tersebut dari orang tua mereka. Orang tua zaman dahulu meyakini beberapa penyanyi yang kehidupannya menyedihkan, itu karena pengaruh dari lagu-lagu galau yang mereka nyanyikan.

“Ortu gua bukan dokter hipnoterapi tapi dari kecil dia udah bilangin gua jangan sering-sering dengerin lagu galau, karena semua penyanyi lagu yang ciptain lagu galau itu 90 persen lagu mereka terjadi pada mereka sendiri. Satu lagi, kalo sering ngerasa galau karna cinta, maka selama vibes itu masih di otak, maka kesialan dari lagu itu perlahan akan terjadi di kehidupan nyata. Mau percaya nggak percaya terserah kalian, yang jelas dari pengalaman gua begitu,” tulis akun @sesatboy.

“Saya setuju ... doa yang terkabul adalah kalimat yang dihayati dan diulang terus menerus (istiqomah),” tulis akun @akukisopo.

“Jadi kayak afirmasi gitu sih ga sih? Tinggal nunggu alam semesta mengabulkan aja... aku juga mau ganti lagu yang ceria ah, nggak mau melow and galau,” tulis akun @purple.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement