Senin 25 Dec 2023 21:39 WIB

Kiat Agar Liburan Akhir Tahun tidak Bikin Kantong Kering

Kurangnya perencanaan saat liburan dapat mengakibatkan pengeluaran berlebihan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ani Nursalikah
Penumpang pesawat tiba di Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Senin (25/12/2023). Pengelola Bandara Bali mencatat telah melayani sebanyak 401.673 orang penumpang atau rata-rata 66.945 penumpang per hari hingga hari keenam Posko angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.
Foto:

Dengan demikian, calon wisatawan dapat memiliki gambaran jelas tentang jumlah uang yang diperlukan selama liburan. Jangan lupa menambahkan anggaran untuk pengeluaran tidak terduga. Salah satu format budget plan yang mudah adalah membagi pengeluaran berdasarkan tanggal pergi setiap harinya.

3. Membuka tabungan khusus

Agar pengeluaran saat liburan lebih terpantau, bisa juga dilakukan dengan membuka tabungan atau rekening khusus. Metode ini juga memicu seseorang disiplin dalam menyisihkan dana khusus liburan sejak jauh-jauh hari. Semakin awal menabung, kian banyak yang terkumpul.

Agar konsisten dalam menabung, nasabah bisa mengatur transfer otomatis dari rekening gaji ke rekening traveling setiap bulan. Selain itu, bisa juga menggunakan aplikasi atau spreadsheet untuk melacak kemajuan tabungan. Jangan lupa pantau dan evaluasi secara berkala.

4. Kelola uang dengan bijaksana selama liburan

Ketika tiba saatnya berangkat liburan, selalu ingat untuk bersikap bijak dalam mengelola uang. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengalokasikan sejumlah uang tunai agar dapat membatasi pengeluaran. Banyak juga aplikasi atau tools keuangan yang dapat membantu melacak pengeluaran secara real-time.

Jika pada akhirnya pengeluaran melampaui anggaran, tak perlu panik. Ambil waktu sejenak untuk melakukan evaluasi. Usahakan agar pengeluaran berlebih tetap berada dalam batas 10 persen dari total anggaran awal supaya tetap dapat menjaga keseimbangan finansial.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement