Rabu 20 Dec 2023 14:40 WIB

Film yang Paling Banyak Dicari di Google oleh Masyarakat Indonesia

Google merilis daftar Year in Search 2023 berisi hal-hal yang paling banyak dicari.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Logo Google (ilustrasi). Google merilis daftar Year in Search 2023. Dalam daftar itu diketahui film dan lagu yang paling banyak dicari orang Indonesia di Google.
Foto: Flickr
Logo Google (ilustrasi). Google merilis daftar Year in Search 2023. Dalam daftar itu diketahui film dan lagu yang paling banyak dicari orang Indonesia di Google.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google merilis daftar Year in Search 2023 berisi berbagai hal yang banyak ditelusuri di mesin pencarian Google selama setahun belakangan. Daftar terdiri atas banyak kategori pencarian, hasil popularitas pun bisa dilihat secara global maupun di tiap negara.

Kategorinya meliputi hal-hal umum, berita paling populer, film atau serial TV paling banyak dicari, lirik lagu, alasan suatu hal terjadi, olahraga, resep, hingga sosok penting. Cukup menarik mencermati daftar pencarian populer tersebut.

Baca Juga

Di Indonesia, film atau serial tv yang paling banyak dicari sepanjang tahun 2023 adalah serial orisinal Netflix, "Gadis Kretek". Serial drama sejarah yang dibintangi Dian Sastrowardoyo, Ario Bayu, Putri Marino, dan Arya Saloka itu juga amat disukai dan menjadi viral di media sosial.

Menempati posisi kedua, ada pencarian tentang film Petualangan Sherina, mengingat sekuel dari film tahun 2000 itu tayang tahun ini, dibintangi Sherina Munaf dan Derby Romero. Lantas, pencarian serial live action "One Piece" menempati posisi ketiga, menunjukkan basis penggemar yang luar biasa.

 

Di tempat keempat hingga seterusnya, warganet Indonesia banyak mencari informasi tentang film Barbie yang juga jadi bintang global, film lokal Induk Gajah, serta sinema horor Sewu Dino. Masih di 10 besar, ada film Budi Pekerti karya sutradara Wregas Bhanuteja.

Banyak pengguna internet juga ingin tahu lebih banyak tentang serial "The Last of Us", di mana aktris senior Indonesia Christine Hakim turut membintanginya. Menyusul kemudian film biografi Oppenheimer serta tayangan dokumenter Ice Cold yang menyoroti kasus pembunuhan kopi sianida.

Untuk lirik lagu yang paling banyak dicari, rekornya dipegang oleh lagu romantis berjudul "Komang" yang merupakan persembahan penyanyi Raim Laode untuk istri tercintanya. Di tempat kedua, bertengger lagu sendu "Sial" yang dibawakan penyanyi Mahalini.

Tembang "Satu-satu" milik solois perempuan berpenampilan eksentrik Idgitaf ada di posisi ketiga. Lagu tentang berdamai dengan masa lalu itu juga sangat sering menjadi latar unggahan di berbagai platform media sosial serta diputar di radio dan banyak tempat.

"Jiwa yang Bersedih", lagu Ghea Indrawari, masuk dalam salah satu pencarian lirik populer. Begitu juga lirik lagu "Loneliness" yang merupakan ciptaan Putri Ariani dan dia nyanyikan saat melakukan audisi America's Got Talent dan mendapat golden buzzer.

Rupanya, warganet Indonesia pun penasaran dengan lagu "Cupid" yang sangat energik dan dipopulerkan grup K-pop Fifty Fifty. Pencarian populer lain adalah lirik "Mengapa Bintang Bersinar", tapi sebenarnya judul aslinya adalah "Lihatlah Lebih Dekat", sebuah lagu yang dinyanyikan Sherina Munaf untuk film Petualangan Sherina. 

Turut masuk di deretan 10 besar, lagu "Until I Found You" dari Stephen Sanchez yang dalam satu waktu di 2023 sangat sering terdengar di Youtube. Begitu pula lagu "Kill Bill" dari penyanyi R&B Amerika Serikat SZA, serta lirik unik lagu "Rayuan Perempuan Gila" ciptaan Nadin Amizah.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement