Rabu 20 Dec 2023 13:54 WIB

Jerawatan di Usia Dewasa Terjadi Akibat Hormon, Obat Biasa tak Mempan

Ketika sudah dewasa, orang seharusnya sudah tidak berjerawat.

Jerawat (ilustrasi). Ketika sudah melewati usia remaja, seharusnya perempuan sudah tidak berjerawat.
Foto:

Ada banyak faktor risiko atau pemicu terjadinya PCOS pada wanita, mulai dari pola makan yang tidak sehat, seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman manis, hingga berat badan berlebih. Selain berpengaruh pada hormon, Riris menyebut bahwa makanan dan minuman manis merupakan pemicu utama penyebab segala jenis jerawat.

Selain jerawat, gejala PCOS lain di antaranya siklus menstruasi yang tidak teratur, pertumbuhan rambut wajah atau tubuh yang berlebihan, terjadi pola kebotakan seperti pada pria, serta kutil di leher dan ketiak. Penambahan berat badan yang terkonsentrasi di sekitar perut dan nyeri panggul juga termasuk gejalanya.

"Kalau masih berjerawat di usia dewasa, mungkin harus mencoba periksa kemungkinan gangguan hormon ke dokter karena obat jerawat hormon berbeda dengan jerawat biasa," jelas Riris.

Mengingat PCOS juga merupakan kelainan metabolisme, banyak gejalanya yang dapat diatasi dengan melakukan perubahan gaya hidup. Pola makan dan olahraga adalah kunci keberhasilan pengobatan dan pemeliharaan kesehatan jangka panjang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement