Selasa 19 Dec 2023 21:31 WIB

Bukti Popularitas BTS tak Tergoyahkan: 'Banjir' Penghargaan Meski Sedang Hiatus

BTS tetap mendapatkan penghargaan meski membernya sedang menjalani wamil.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Grup K-pop. Popularitas BTS tak tergoyahkan hingga kini. Pasalnya mereka tetap mendapatkan banyak penghargaan meski membernya sedang menjalani wamil.
Foto: Dok. X/BTS_twt
Grup K-pop. Popularitas BTS tak tergoyahkan hingga kini. Pasalnya mereka tetap mendapatkan banyak penghargaan meski membernya sedang menjalani wamil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meskipun menjalani masa hiatus sebagai grup, BTS terus meraih berbagai penghargaan dan pengakuan sepanjang tahun 2023. Keberadaan dan popularitas global dari sensasi K-pop ini tetap tak tergoyahkan.

Hal tersebut terbukti dari sejumlah penghargaan yang mereka raih dari berbagai kategori dan platform internasional. Dilansir Koreaboo pada Selasa (19/12/2023), sejauh ini BTS berhasil meraih total 35 trofi berbeda sebagai sebuah grup sepanjang tahun 2023. Berikut ini beberapa di antaranya:

Baca Juga

1. Bravo Otto 2023

Mereka meraih penghargaan Gold untuk International Singer, yang memperlihatkan pengaruh musik global yang mereka miliki.

2. Circle Chart Music Awards 2023

BTS mendapat apresiasi atas pengaruh mereka dalam industri musik global dengan memenangkan Global Artist Award. Lagu "Yet to Come" oleh BTS juga berhasil meraih Global Digital Music for June, yang menunjukkan kesuksesan global secara digital dari lagu tersebut.

Album BTS berjudul Proof diakui atas penjualannya yang luar biasa dengan meraih Physical Album for 3rd Quarter. Proof BTS juga berhasil meraih penghargaan Retail Album of the Year, yang menandai kesuksesan penjualan ritelnya. BTS juga dinobatkan sebagai penerima Social Hot Star atas kehadiran dan pengaruh mereka di media sosial.

3. The Fact Music Awards 2023

Lagu BTS berjudul "Take Two" meraih penghargaan Best Music for Summer, untuk menghargai popularitasnya pada musim tersebut. BTS juga meraih penghargaan Fan N Star Choice Award for Group dan Fan N Star Most Voted, yang menunjukkan dukungan luar biasa dari basis penggemar yang luas.

4. Golden Disc Awards 2023

Proof oleh BTS meraih gelar Album of the Year, dengan memenangkan daesang bergengsi. Mereka juga meraih penghargaan Bonsang untuk Best Album, serta meraih TikTok Most Popular Artist Award.

5. Hanteo Music Awards 2023

BTS dianugerahi sebagai Artist of the Year dan meraih penghargaan Best Artist serta Best Song. Mereka juga mendapat penghargaan Global Artist Award yang mengakui pengaruh global mereka. BTS juga meraih WhosFandom Award, yang menunjukkan kekuatan dan dedikasi dari komunitas penggemar mereka.

6. iHeartRadio Music Awards 2023

Penggemar BTS menerima penghargaan Best Fan Army. Video musik "Yet to Come" oleh BTS meraih gelar Best Music Video.

7. Japan Gold Disc Awards 2023

Album Proof oleh BTS berhasil masuk dalam tiga album teratas di Asia dengan meraih Best 3 Albums (Asia). BTS juga diakui sebagai Best Artist di Asia. "BTS 2021 Muster Sowoozoo" meraih Music Video of the Year (Asia) dan lagu "Yet to Come" meraih Song of the Year by Download (Asia).

8. MAMA Awards 2023

BTS meraih Worldwide Fans Choice serta diakui sebagai Worldwide Icon of the Year. Lagu "The Planet" oleh BTS meraih Best OST.

9. Melon Music Awards 2023

BTS meraih Favourite Star Award dan masuk dalam 10 besar artis peraih bonsang bergengsi, serta masuk dalam nominasi Artist of the Year.

10. Nickelodeon Kids’ Choice Awards 2023

BTS meraih Favorite Music Group, yang menunjukkan popularitas mereka di kalangan pemirsa muda, termasuk di Amerika Serikat.

11. Seoul Music Awards 2023

Album Proof oleh BTS memenangkan Best Album Award, BTS juga meraih penghargaan sebagai artis terbaik dan Bonsang Award, serta meraih penghargaan World Trend Artist for April.

12. Webby Awards 2023

Proyek "My BTS Story" meraih Best Community Engagement, yang memperlihatkan komunitas penggemar BTS yang menarik dan suportif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement