Senin 18 Dec 2023 13:04 WIB

Tips Bagi Orang Tua Bekerja yang tak Bisa Cuti Saat Liburan Sekolah

Orang tua dapat menetapkan batasan bekerja di rumah dan memberi waktu untuk anak.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Ibu dan anak membaca buku bersama.
Foto: Frepik
Ibu dan anak membaca buku bersama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat-saat liburan sekolah, banyak anak ataupun orang tua berharap menjalani aktivitas bersama dan berbeda dari biasanya. Tetapi bagi orang tua yang harus tetap bekerja, tentu ini menjadi tantangan.

Melakukan penyesuaian-penyesuaian tertentu bisa jadi membantu. Berikut tips bagi orang tua bekerja agar tetap memiliki keseimbangan, seperti dilansir dari Balance The Grind, Senin (18/12/2023).

Baca Juga

1. Menetapkan Batasan di Rumah

Anak-anak mungkin tidak selalu memahami batasan ruang kerja orang tua di rumah. Namun ini menjadi cara yang jelas namun lembut untuk memberi tahu anak kapan orang tua siap bermain dan kapan butuh waktu untuk bekerja tanpa gangguan. 

Strategi efektif lainnya adalah menetapkan ‘periode kerja’ tertentu. Misalnya, setiap hari dari jam 10 hingga jam 12 pagi bisa menjadi ‘waktu tenang’, di mana anak-anak membaca atau bermain. Kemudian setelah makan siang atau sore hari ada kegiatan bersama.

Hal ini bisa memastikan bahwa ketika bersama anak-anak, Anda benar-benar hadir. Sebaliknya ketika sedang bekerja, Anda sepenuhnya produktif.

2. Menyusun Rutinitas Liburan

Ada daya tarik tertentu pada liburan sekolah, seperti tidak adanya jam alarm, pagi hari yang santai, rencana yang spontan. Namun, meskipun tergoda untuk membiarkan anak-anak begadang, usahakan tetap disiplin agar memudahkan dalam perencanaan aktivitas bersama dan semua orang dalam keadaan segar.

Pagi hari bisa dimanfaatkan sebagai waktu untuk tugas-tugas profesional ketika anak-anak sibuk dengan aktivitas mandiri seperti membaca, menggambar, atau bahkan proyek liburan. Kemudian sore hari menjadi saat-saat emas Anda untuk jalan-jalan bersama keluarga, permainan seru, atau sekadar bersantai bersama.

Ide lainnya bisa....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement