Kamis 14 Dec 2023 22:01 WIB

Ini Penyebab Masalah Kesuburan pada Perempuan Menurut Peneliti

Hingga 3,7 persen wanita mengalami infertilitas akibat kondisi ini usia 40 tahun.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Ilustrasi rahim perempuan. BKKBN menyebutkan program keluarga berencana (KB) dengan memakai alat kontrasepsi intrauterine device (IUD) atau spiral aman untuk digunakan.
Foto: Freepik
Ilustrasi rahim perempuan. BKKBN menyebutkan program keluarga berencana (KB) dengan memakai alat kontrasepsi intrauterine device (IUD) atau spiral aman untuk digunakan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Infertilitas atau masalah kesuburan telah mempengaruhi sekitar 48 juta pasangan di seluruh dunia dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Pada mamalia, termasuk manusia, telur diproduksi di ovarium. 

Jika proses tersebut tidak berjalan dengan baik, hal ini dapat menyebabkan kemandulan pada wanita. Salah satu contohnya adalah insufisiensi ovarium prematur, yang ditandai dengan masalah produksi sel telur sebelum usia 40 tahun. 

Baca Juga

Hingga 3,7 persen wanita mengalami infertilitas akibat kondisi ini, dan sekitar 30 persen kasus disebabkan oleh variasi genetik. Profesor Kehkooi Kee, dari Tsinghua University, China, yang membantu memimpin penelitian ini, telah meneliti faktor mendasarnya selama beberapa tahun. 

“Pada tahun 2019, kolaborator kami, tim Profesor Li, menemukan sebuah keluarga dengan insufisiensi ovarium prematur di mana perubahan pada gen yang disebut Eif4enif1 tampaknya bertanggung jawab atas penyakit tersebut,” kata Profesor Kee, seperti dilansir dari Newswise, Kamis (14/12/2023).

Para peneliti memutuskan untuk mereproduksi perubahan genetik ini pada tikus guna mencoba memahami pengaruhnya terhadap infertilitas manusia. Mereka menunjukkan bahwa telur tikus ini dipengaruhi oleh perubahan pada mitokondria, pembangkit tenaga sel, dan mempublikasikan penemuan baru tersebut di jurnal Development pada 13 Desember 2023.

Para peneliti menggunakan CRISPR untuk memperkenalkan perubahan genetik pada tikus. Mereka membiarkan tikus tersebut tumbuh dewasa dan kemudian membandingkan kesuburannya dengan kesuburan tikus yang DNA-nya belum diedit. 

Yuxi Ding, penulis pertama dan mahasiswa MD/PhD yang memimpin penelitian ini, menemukan bahwa jumlah rata-rata total folikel (kantung kecil yang berisi sel telur yang sedang berkembang) berkurang sekitar 40 persen pada tikus yang lebih tua dan tikus yang diedit secara genetik (rata-rata anak anjing). Jumlah telur dalam setiap kelahiran berkurang sebesar 33 persen. 

Ketika ditanam dalam wadah, sekitar setengah dari telur yang dibuahi tidak dapat bertahan hidup setelah tahap awal perkembangan. Hal ini menunjukkan bahwa, sama seperti pasien manusia, tikus-tikus ini juga mengalami masalah kesuburan.

Saat peneliti mempelajari....

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement