Rabu 13 Dec 2023 06:10 WIB

Prabowo: Indonesia Maju tidak dengan Permainan Kata-Kata Retorika

Menurut Prabowo, korupsi adalah penghianatan terhadap bangsa, harus diberantas.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Erik Purnama Putra
Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto menyeka keringat saat debat perdana capres di halaman gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto menyeka keringat saat debat perdana capres di halaman gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto, berjanji bersama Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan fondasi pembangunan yang sudah dibangun para pendahulu. Prabowo meyakini, Indonesia akan melompat menjadi negara maju yang makmur dan hebat.

Namun, untuk bisa mewujudkan cita-cita tersebut, bangsa Indonesia kata dia, harus rukun dan bersatu. Prabowo melanjutkan, hanya dengan kerukunan, kearifan, serta kebersihan jiwa maka Indonesia maju bisa terwujud.

Baca Juga

"Kita tidak boleh menghasut, memecah belah, kita tidak boleh  untuk kepentingan sesaat, jangka pendek, diri kita, kelompok kita, kita tidak boleh mengorbankan persatuan kesatuan kerukunan bangsa Indonesia," ujar Prabowo saat menyampaikan pernyataan penutup pada Debat Capres 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023) malam WIB.

 

Karena itu, sambung dia, dalam upaya membangun fondasi Indonesia dibutuhkan komitmen dan juga langkah yang nyata. "Tidak dengan permainan kata-kata retorika, tapi sungguh-sungguh cinta Tanah Air, Indonesia akan maju negara hebat, terima kasih," kata Prabowo.

Ketua umum DPP Partai Gerindra tersebut mengingatkan, perjalanan bangsa Indonesia untuk merdeka dan sampai pada tahap ini sangat panjang. Prabowo menyebut hukum sejarah manusia tentang yang kuat akan menindas mereka yang lemah.

Menteri pertahanan itu pun bersyukur Indonesia saat ini menganut sistem demokrasi. "Kita bersyukur demokrasi dengan segala kekurangannya, semua pemimpin, kita ingin lebih maju, lebih baik, kita ingin lebih adil," ujar Prabowo.

Untuk itu, hal terpenting yang akan dilakukan Prabowo-Gibran jika menang pada Pilpres 2024, adalah menhilangkan kemiskinan dan korupsi di Indonesia. Kita negara yang sangat kaya kekayaan kita luar biasa. Kami Prabowo Gibran, Koalisi Indonesia maju siap melanjutkan pondasi yang sudah dibangun oleh pendahulu-pendahulu kita," ujar Prabowo

Pada debat perdana antarcapres ini mempertemukan Anies Rasyid Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Cawapres dari masing-masing capres ini ikut hadir sebagai pendamping, tetapi tak boleh ikut berbicara.

Debat perdana kali ini bertema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. Debat terdiri atas enam segmen dan durasi 120 menit ini, diawali dengan pemaparan visi-misi paslon sesuai tema.

Prabowo setuju penguatan KPK...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement