Jumat 08 Dec 2023 20:03 WIB

Jimin BTS, Satu-satunya Solois Asia dengan 5 Penghargaan Prestisius

Karya Jimin BTS mendapatkan penghargaan bergengsi dari institusi musik terkemuka.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Jimin BTS. Jimin BTS terus mengukir prestasi dengan meraih penghargaan bergengsi dari institusi musik terkemuka di berbagai belahan dunia.
Foto: Dok. BigHit Music
Jimin BTS. Jimin BTS terus mengukir prestasi dengan meraih penghargaan bergengsi dari institusi musik terkemuka di berbagai belahan dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, -- Debut solo yang luar biasa sukses oleh Jimin BTS terus mengukir prestasi dengan meraih penghargaan bergengsi dari institusi musik terkemuka di berbagai belahan dunia. Pasar musik top global menjadi saksi akan pengaruh Jimin yang luar biasa sebagai seorang solois.

Baru-baru ini, single utama dari album debut solonya, “Like Crazy” secara resmi mendapat Sertifikasi Platinum dari Asosiasi Industri Rekaman Amerika (RIAA). Lagu ini berhasil terjual lebih dari satu juta unit di pasar musik terbesar di dunia, AS.

Baca Juga

Dengan pencapaian ini, “Like Crazy” menjadi lagu solo pertama oleh artis Korea dalam satu dekade terakhir yang memperoleh sertifikasi serupa. Dilansir All K-pop pada Jumat (8/12/2023), ini juga menjadikan lagu tersebut sebagai satu dari dua lagu solo oleh solois Korea yang mendapatkan sertifikasi RIAA Platinum, setelah “Gangnam Style” milik PSY.

Prestasi luar biasa ini datang setelah “Like Crazy” mencapai pencapaian sebelumnya pada Agustus 2023. “Like Crazy” menjadi lagu solo pertama oleh solois Korea/K-pop yang memenuhi syarat untuk mendapatkan status platinum pada 2023. Sertifikasi resmi ini diperoleh pada 30 November 202

 

Dengan pencapaian ini, Jimin telah menorehkan prestasi gemilang di tiga dari 10 pasar musik terbesar di dunia, dengan posisi teratas di AS dan Jepang, serta posisi kedelapan di Kanada. Di AS, dia meraih peringkat No. 1 di tangga lagu Billboard Hot 100 dan Artist 100, serta memperoleh sertifikasi RIAA Platinum dengan penjualan lebih dari satu juta unit.

Di Jepang, posisinya di peringkat No. 1 di Artist 100 dan sertifikasi RIAJ Platinum dengan album FACE, karena terjual lebih dari 250 ribu unit. Di Kanada, Jimin meraih Sertifikasi Emas Musik Kanada dengan “Like Crazy” karena terjual lebih dari 40 ribu unit.

Dengan capaian ini, Jimin mencatat sejarah sebagai Artis Solo Asia pertama yang berhasil meraih semua pencapaian tersebut sekaligus (RIAA, RIAJ, Music Canada, dan Hot 100 nomor 1). Dia juga tetap menjadi satu-satunya solois Korea/K-pop yang menduduki peringkat nomor 1 di tangga lagu Billboard Artist 100 dan Billboard Japan Artist 100 secara bersamaan.

Di sisi lain, kehadiran Jimin dalam publikasi The New York Times sebagai salah satu dari 20 peristiwa terbesar tahun 2023 mencatat momen epik dalam karirnya. Meraih peringkat nomor satu di Billboard's Hot 100 menjadikannya artis solo Korea pertama yang mencapai prestasi tersebut, sehingga membuatnya diakui dalam sejarah musik global.

Prestasi yang tercatat dalam pasar musik nomor satu di dunia itu akan dikenang oleh generasi mendatang sebagai salah satu dari banyak peristiwa penting dalam sejarah musik. Jimin terus melampaui batas dirinya sendiri, mengukir namanya di puncak sejarah musik, memberikan kebanggaan dan kegembiraan tak terkira bagi para penggemarnya, serta menjadi inspirasi bagi generasi mendatang.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement