Jumat 01 Dec 2023 21:57 WIB

Yuk Ikut Pekan Baca Palestina, Ini Daftar Rekomendasi Bukunya

Warga dunia dapat menunjukkan solidaritas mereka untuk warga Palestina lewat membaca.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Gerakan Pekan Baca Palestina. Perusahaan penerbit dari berbagai negara menggelar gerakan Pekan Baca Palestina untuk mendukung perjuangan warga Palestina.
Foto: Dok. Republika Penerbit
Gerakan Pekan Baca Palestina. Perusahaan penerbit dari berbagai negara menggelar gerakan Pekan Baca Palestina untuk mendukung perjuangan warga Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan-perusahaan penerbit dunia yang tergabung dalam Publishers for Palestine mengajak warga dunia untuk berpartisipasi dalam Pekan Baca Palestina. Melalui gerakan ini, warga dunia dapat menunjukkan solidaritas mereka untuk warga Palestina lewat membaca.

Pekan Baca Palestina sudah dimulai sejak Rabu (29/11/23) dan akan berakhir pada Selasa (5/12/23). Pekan Baca Palestina ini digelar bertepatan dengan Hari Solidaritas Internasional bagi rakyat Palestina yang diperingati pada 29 November.

Baca Juga

Selama Pekan Baca Palestina berlangsung, Publishers for Palestine mengajak orang-orang di berbagai belahan dunia untuk membaca buku karya penulis Palestina dan buku-buku mengenai Palestina. Publishers for Palestine juga mengajak para pembaca untuk membagikan kegiatan mereka selama berpartisipasi dalam Pekan Baca Palestina di media sosial, seperti mengunggah buku Palestina favorit hingga kutipan yang disukai dari penulis favorit.

Untuk memudahkan para pembaca, semua perusahaan penerbit yang tergabung dalam Publishers for Palestine turut menyediakan ebook secara gratis. Tautan untuk mengunduh ebook tersebut bisa diakses melalui laman publishersforpalestine.org selama periode 29 November 2023 hinggq 5 Desember 2023.

 

Beragam ebook gratis yang disediakan untuk Pekan Baca Palestina ini terdiri atas beragam genre. Buku-buku ini umumnya berbahasa Inggris, namun ada pula yang hadir dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing lainnya. Berikut ini adalah sebagian rekomendasinya, seperti dikutip dari laman resmi Publishers for Palestine:

1. Buku puisi

Salah satu ebook yang tersedia secara gratis adalah Things You May Find Hidden in My Ear karya Mosab Abu Toha. Buku debut dari Mosab ini memuat puisi-puisi yang mengisahkan perjalanan hidupnya di Gaza sejak kecil hingga menjadi seorang ayah.

Mosab merupakan survivor dari empat serangan militer yang kejam. Melalui puisi-puisinya, Mosab mengajak pembaca untuk ikut merasakan pengalamannya bertumbuh besar dan tinggal di wilayah yang kerap dihujani serangan dan terkucil dari dunia luar.

2. Buku fiksi

Salah satu buku fiksi yang bisa diakses secara gratis oleh pembaca adalah Wild Thorns karya Sahar Khalifeh. Novel yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris ini diterbitkan pertama kali pada 1976.

Ini merupakan novel Arab pertama yang memberikan gambaran mengenai kehidupan sehari-hari warga Palestina di bawah okupasi Israel. Gambaran mengenai kehidupan tersebut dihadirkan melalui kisah.

Novel ini berkisah mengenai pemuda Palestina bernama Usama yang baru saja kembali ke West Bank setelah bertahun-tahun meninggalkan kampung halamannya tersebut untuk bekerja. Saat itulah, Usama baru mengetahui kabar yang mengejutkan bahwa saudaranya, Adil, memilih untuk bekerja dengan Israel. Usama yang memilih untuk memperjuangkan kembali kemerdekaan Palestina harus menghadapi konsekuensi besar.

3. Buku sastra non fiksi

The Drone Eats With Me merupakan buku karya Atef Abu Saif yang juga telah tersedia secara gratis dalam versi ebook. Melalui buku ini, Atef menyuarakan pandangannya mengenai serangan Israel ke Jalur Gaza yang berlangsung selama 51 hari, menewaskan 2.145 warga Palestina, melukai lebih dari 11.000 warga Palestina, dan merobohkan sekitar 17.200 rumah.

Kala itu, pemberitaan di media-media Barat didominasi oleh dukungan untuk Israel. Atef lalu membagikan sudut pandang yang berbeda mengenai konflik ini bagi pembaca-pembaca di Barat melalui buku The Drone Eats With Me. Buku yang memuat diary lengkap Atef ini menceritakan tragedi serangan di Jalur Gaza dari sudut pandang seorang ayah muda yang khawatir mengenai keselamatan keluarganya, dan di saat yang sama berusaha untuk tetap waras.

4. Buku sastra antologi

To Live, Die, and Be Born in Gaza juga hadir dalam bentuk ebook dan bisa diunduh secara gratis oleh pembaca. Buku ini memuat seratus foto dan cerita mengenai Gaza dan Palestina. Cerita-cerita yang dibagikan mencakup kehidupan sehari-hari, sejarah, budaya, hingga resistensi warga Palestina dalam melawan okupasi Israel. Buku orisinalnya diterbitkan dalam bahasa Katalan. Akan tetapi, tersedia versi terjemahan dalam bahasa Arab, Spanyol, dan Inggris.

5. Buku nonfiksi

Ada banyak opsi ebook gratis untuk genre nonfiksi yang telah disediakan oleh Publishers for Palestine. Buku-buku nonfiksi ini mengangkat banyak tema, mulai dari sejarah, kehidupan, hingga seni dan budaya Palestina.

Salah satu ebook yang dapat diunduh secara gratis adalah Voices of the Nakba: A Living History of Palestine. Buku yang berhasil mengantongi English PEN Award pada 2021 ini berkisah mengenai peristiwa Nakba yang terjadi pada 1948.

Kala itu, lebih dari 750 ribu warga Palestina harus melarikan diri atau dipaksa pergi dengan kekerasan oleh milisi zionis untuk meninggalkan rumah mereka. Buku Voices of the Nakba: A Living History of Palestine memuat kumpulan cerita dari pengungsi Palestina generasi pertama di Lebanon.

Selain itu, buku ini juga memuat komentar dari sejumlah cendekiawan Palestina dan Timur Tengah. Hasil wawancara hingga komentar para ahli dalam buku ini turut memberikan pengetahuan yang lebih jelas mengenai sejarah, politik, hingga budaya Palestina.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement