Selasa 28 Nov 2023 16:02 WIB

Alasan Ridley Scott Buat Film Napoleon: Tanggung Jawab pada Sejarah dan Seni

Kesuksesan Napoleon di medan perang telah melegenda berkat taktik dan strategi perang

Rep: Meiliza Laveda / Red: Friska Yolandha
Salah satu adegan di film Napoleon.
Foto: Dok. Sony Pictures Releasing
Salah satu adegan di film Napoleon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Napoleon Bonaparte merupakan salah satu pemimpin militer terhebat sepanjang masa. Kehidupannya telah menimbulkan kritik dan kekaguman dari para cendekiawan, politisi dan rakyatnya. Dia menunjukkan pada sejarah bahwa kepemimpinan bisa datang dari kelas mana pun.

Kesuksesan Napoleon di medan perang telah melegenda berkat taktik dan strategi perangnya. Bagi sutradara Ridley Scott, Napoleon merupakan karakter yang sangat menarik untuk sebuah film.

Baca Juga

“Selain ahli strategi dan politisi yang luar biasa, saya terpesona bagaimana pria seperti ini bisa terobsesi dengan apa yang dilakukan istrinya di Paris,” kata Scott dalam catatan produksi yang diterima Republika.co.id, Selasa (28/11/2023).

Ketertarikan Scott terhadap pemimpin dan periode tersebut berawal dari kariernya sebagai sutradara film. Film pertamanya, The Duellists berlatar di era Napoleon. Film tersebut yang membuat dia membuka mata akan tanggapan penonton terkait film berlatar sejarah.

 

Sebagai pembuat film, Scott mengetahui secara langsung dari pengalamannya bahwa dia mempunyai tanggung jawab terhadap sejarah dan seni. Dia menciptakan kesan tentang subjek yang membuatnya hidup bagi penonton.

“Sekitar setahun setelah saya membuat Gladiator, saya menerima surat dari seorang dosen senior di salah satu universitas ternama. Dia berkata, 'Saya ingin mengucapkan terima kasih karena telah menghidupkan Kekaisaran Romawi.' Hal ini membuat para siswanya antusias terhadap mata pelajaran tersebut,” ucapnya.

Scott tertarik pada gagasan untuk mengeksplorasi psikologi karakter Napoleon seperti saat dia memfilmkan tontonan pertempuran epiknya. “Saya rasa salah satu alasan orang masih terpesona dengan Napoleon adalah karena dia begitu rumit. Tidak ada cara mudah untuk mendefinisikan hidupnya. Anda dapat membaca biografi untuk mengetahui apa yang terjadi. Namun, yang menarik bagi saya adalah karakternya, melampaui sejarah dan masuk ke dalam pikiran,” kata daia.

Untuk menciptakan skala film yang epik, Scott bersatu kembali dengan beberapa kolaborator masa lalunya, mempertemukan Scott dengan Joaquin Phoenix yang sebelumnya berperan sebagai Commodus di Gladiator.

Napoleon berlatar tahun 1793 di masa era Revolusi Prancis terjadi. Napoleon akan berkisah tentang Jenderal Napoleon Bonaparte (Joaquin Phoenix) sosok ambisius, cerdas dan ahli strategi yang berani melawan koalisi negara-negara Eropa untuk memperluas kekuasaannya. Perjalanan kejayaan sang kaisar sampai hubungan cintanya bersama Josephine (Vanessa Kirby).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement