Selasa 28 Nov 2023 11:28 WIB

Tips Pasang CCTV di Rumah Agar tak Dirusak Maling

Pintu masuk adalah tempat terpenting untuk memosisikan CCTV secara strategis.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Kamera pengawas (CCTV). Anda harus memasang dengan benar CCTV di rumah agar tidak diutak-atik perampok.
Foto: Pixabay
Kamera pengawas (CCTV). Anda harus memasang dengan benar CCTV di rumah agar tidak diutak-atik perampok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kamera keamanan (CCTV) telah terbukti menjadi alat pencegahan yang baik, memaksa perampok untuk menebak-nebak tindakan licik mereka. Meskipun demikian, ada pula perampok yang cukup berani untuk melanjutkan aksinya. 

Itulah sebabnya Anda harus memikirkan penempatan kamera keamanan yang tepat. Kamera yang ditempatkan dengan baik akan memiliki bidang pandang luas. Kamera yang diletakkan di sebuah tempat akan membuat perangkat itu sulit untuk diutak-atik. 

Baca Juga

Jika berniat memasang CCTV, berikut ini penjelasan tentang cara menempatkan kamera keamanan dengan benar di sekitar rumah Anda.

1. Menghadap pintu masuk ke rumah

 

Dilansir Digital Trends, Selasa (28/11/2023), pintu masuk adalah tempat pertama dan terpenting untuk memosisikan kamera secara strategis. Pencuri teras dan calon perampok akan dicegah melakukan kejahatan karena mereka tahu bahwa mereka akan terdeteksi dan dicatat. Namun, Anda tidak ingin memposisikan kamera  setinggi mata, karena hal itu akan membahayakan perangkat. 

Jika Anda tidak memiliki teras yang memungkinkan pandangan langsung ke pintu depan atau belakang, pertimbangkan untuk memasangnya di sudut rumah Anda. Mereka akan berada cukup tinggi dan akan mencatat aktivitas apa pun di pintu masuk tersebut. 

2. Gantung di pohon atau dahan terdekat

Anda sebaiknya berinvestasi pada CCTV yang memiliki perlindungan substansial terhadap elemen dan bertenaga baterai. Hal ini karena kecil kemungkinannya Anda memiliki sumber listrik di dekat pepohonan di sekitar properti rumah Anda. Untuk memasangnya ke pohon atau cabang, Anda mungkin perlu memasang adaptor yang memungkinkan kamera keamanan tetap terpasang padanya. 

Yang penting di sini adalah penempatannya akan mencakup area rumah atau properti yang lebih luas, yang sangat berguna karena jendela di lantai pertama cenderung menarik perhatian. Daripada menempatkan kamera menghadap satu set jendela, menempatkannya lebih jauh pada pohon atau dahan akan menutupi seluruh sisi depan rumah. 

Namun, jika menggunakan opsi penempatan ini, Anda juga harus meletakkan kamera di dekat pintu di tempat yang terlihat namun sulit diakses. Kamera keamanan hanya berguna sebagai pencegah jika calon penjahat dapat melihatnya. 

Jika tidak bisa, mereka mungkin akan mencoba tanpa mengetahui bahwa mereka sedang direkam. Meskipun akan menangkap penjahat yang sedang beraksi, Anda masih harus berurusan dengan menelepon polisi, dan penjahat mungkin akan mencuri beberapa item sebelum mundur. Lebih baik cegah rumah Anda menjadi target sejak awal. 

3. Sudut ruang interior

Begitu berada di dalam rumah, akan mudah bagi pencuri mana pun untuk mengambil kamera keamanan dalam ruangan Anda jika diletakkan di atas meja atau meja. Sebaliknya, letakkan di tempat yang tinggi di sudut ruangan. 

Kamera keamanan Anda tidak hanya memiliki sudut pandang yang lebih baik, namun juga ditempatkan cukup tinggi untuk menggagalkan upaya mudah untuk mencuri atau menonaktifkan kamera. Mereka yang mengkhawatirkan privasi tidak akan cenderung mengambil risiko privasi mereka, terutama mengingat semua berita tentang kamera keamanan diretas, tetapi masih ada solusinya.

Sesuaikan sehingga area umum tidak terlihat jelas, seperti tengah ruang tamu atau ruang makan Anda. Sebaliknya, posisikan kamera untuk fokus hanya pada area utama, seperti pintu depan atau belakang, lorong,atau jendela utama di lantai pertama. 

Jika Anda memutuskan untuk meletakkannya di atas meja makan atau meja, lakukan yang terbaik untuk memadukannya dengan lingkungan sekitarnya. Kamera yang diselipkan dengan dekorasi lain cenderung tidak terlihat dibandingkan kamera yang diletakkan di tempat terbuka.

4. Area bermain di luar ruangan

Mengarahkan kamera keamanan Anda ke area bermain luar ruangan di sekitar rumah Anda, seperti ayunan terdekat atau forest gym akan memberikan ketenangan pikiran tambahan. Anda tidak hanya dapat mengawasi aktivitas luar ruangan anak-anak Anda, tetapi kamera keamanan akan dapat memberi tahu Anda melalui notifikasi di ponsel Anda setiap kali peristiwa pemicu gerakan.

Anda sebaiknya menempatkan kamera di lokasi yang membuat kamera sulit untuk dirusak. Dalam kebanyakan kasus, itu berarti menempatkan kamera pada posisi setinggi mungkin. 

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement