Kamis 23 Nov 2023 16:08 WIB

Stres Bikin Berat Badan Bertambah, Ini Cara Mengatasinya

Sangat penting untuk tidak melewatkan rutinitas olahraga meski singkat.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Menimbang berat badan (ilustrasi). Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan saat berat badan bertambah akibat stres.
Foto: www.freepik.com
Menimbang berat badan (ilustrasi). Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan saat berat badan bertambah akibat stres.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika mengalami stres, terkadang seseorang juga mendapati jarum timbangan semakin mengarah ke kanan. Jika itu terjadi dan ingin mengatasinya, ada cara-cara yang bisa diupayakan, berdasarkan anjuran dari ahli gizi dan nutrisi Laura Burak.

Sebagai awalan, Burak yang merupakan pendiri GetNaked Nutrition merekomendasikan untuk menemukan bidang kehidupan yang memicu stres, lalu membuat penyesuaian yang diperlukan. Menurut Burak, hal itu akan memberi pengaruh cukup signifikan. 

Baca Juga

"Satu penyesuaian positif berdampak pada semua bidang kesehatan sedikit demi sedikit, sehingga tingkat stres akan mulai mereda. Misalnya, cari cara untuk lebih banyak bergerak," kata penulis buku Slim Down with Smoothies itu, dikutip dari laman Eat This Not That, Kamis (23/11/2023).

Sangat penting untuk tidak melewatkan rutinitas olahraga, meski hanya bisa melakukannya dalam waktu singkat. Berjalan-jalan santai dan lebih sering keluar rumah akan mengubah suasana hati dan membantu seseorang merasa lebih kuat secara mental dan fisik.

 

Dengan aktif bergerak, Burak mengatakan secara alami seseorang akan memasukkan makanan yang lebih sehat dan bergizi ke menu harian. Rutin bergerak juga dapat meningkatkan kualitas tidur dan memberikan efek baik pada seluruh tubuh.

Cara lain yang dia anjurkan adalah membuat jurnal makanan dan suasana hati. Banyak kebiasaan makan yang disebabkan oleh kebosanan, penundaan, dan emosi. Sangat penting untuk menyadari apa yang menyebabkan kebiasaan buruk itu.  

Saran Burak, mulailah menulis jurnal makanan untuk melacak makanan dan suasana hati. "Klien saya yang menghubungkan keterkaitan antara suasana hati dan pilihan makanan memberikan dampak paling besar pada kebiasaan dan berat badan mereka," ucapnya.

Kiat berikutnya dari Burak yaitu bereksperimen dengan obat pereda stres alami. Hal ini bisa berupa memfokuskan upaya seseorang pada pola makan berkualitas yang mencakup lebih banyak buah dan sayuran, mandi busa air hangat, mencoba meditasi, dan melakukan ritual menenangkan jelang tidur.

 

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement