Rabu 22 Nov 2023 17:36 WIB

Perbandingan Total Lagu Idol K-Pop dari 4 Agensi Besar Korea, BTS Terbanyak

Di Korea Selatan, ada 4 agensi besar yakni SM, JYP, Hybe, dan YG.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Grup K-pop BTS yang berada di naungan agensi Hybe. Salah satu penggila K-pop mencatat jumlah lagu K-pop yang dirilis oleh artis dari masing-masing label musik besar tersebut.
Foto: @amas/Instagram
Grup K-pop BTS yang berada di naungan agensi Hybe. Salah satu penggila K-pop mencatat jumlah lagu K-pop yang dirilis oleh artis dari masing-masing label musik besar tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di dunia industri K-pop yang dinamis, musik dan pertunjukan menyatu dengan mulus.  Grup idola adalah kekuatan pendorong di balik kesuksesan industri ini secara global.

Di Korea Selatan, empat label hiburan besar yakni SM Entertainment, JYP Entertainment, Hybe, dan YG Entertainment, telah menjadi landasan peluncuran grup idola papan atas. Setiap label hiburan membina kumpulan artis berbakatnya sendiri, berkontribusi terhadap pertumbuhan dan evolusi K-pop. 

Baca Juga

Dilansir Allkpop, Rabu (22/11/2023), aspek yang menarik dari hal ini adalah volume musik yang diproduksi grup-grup ini di bawah masing-masing label. Label tersebut secara unik mendefinisikan lanskap K-pop. 

Salah satu penggila K-pop mencatat jumlah lagu K-pop yang dirilis oleh artis dari masing-masing label musik besar tersebut. Warganet yang membuat postingan tersebut mengatakan bahwa kompilasi jumlah lagu tersebut hanya mencakup lagu-lagu Korea yang dirilis, tidak termasuk lagu Jepang dan Inggris. 

 

1. SM Entertainment:

TVXQ: 132 lagu 

Super Junior: 196 lagu 

Girls’ Generation: 112 lagu 

EXO: 108 lagu 

Red Velvet: 102 lagu 

NCT 127: 94 lagu 

NCT Dream: 71 lagu 

Aespa: 29 lagu

 

2. JYP Entertainment:

2PM: 113 lagu 

Wonder Girls: 86 lagu 

TWICE: 122 lagu 

Stray Kids: 130 lagu 

ITZY: 42 lagu 

 

3. Hybe Corporation (sebelumnya Big Hit Entertainment): 

BTS: 218 lagu 

NU’EST: 20 lagu 

Seventeen: 124 lagu 

TXT: 65 lagu 

ENHYPEN: 23 lagu 

 

4. YG Entertainment: 

Big Bang: 69 lagu 

2NE1: 52 lagu 

WINNER: 58 lagu 

iKON: 72 lagu 

BLACKPINK: 33 lagu 

TREASURE: 40 lagu 

Banyak warganet Korea Selatan yang berkomentar mengenai hal ini. Di antaranya adalah “Aku merasa kasihan pada artis YG”. Kemudian, “Big Bang sudah lama keluar tapi lagu mereka lebih sedikit dibandingkan idola generasi keempat,” ujar yang lain. 

Berikutnya adalah, “WINNER punya banyak lagu yang mereka buat tapi perusahaan tidak akan merilisnya? Mereka debut di waktu yang sama dengan Red Velvet tapi nomor lagunya berbeda…”. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement