Senin 20 Nov 2023 19:00 WIB

Anak Mudah Lapar dan Sering Mengompol? Waspada Diabetes Tipe 1

Diabetes juga dapat dialami anak-anak.

Anak memperlihatkan bekal makanannya (ilustrasi). Waspadai diabetes tipe 1 jika anak mudah lapar.
Foto: Republika/Prayogi
Anak memperlihatkan bekal makanannya (ilustrasi). Waspadai diabetes tipe 1 jika anak mudah lapar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis anak divisi endokrinologi Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo dr. Ghaisani Fadiana, Sp.A (K), mengimbau kepada orang tua untuk mewaspadai diabetes tipe 1 pada anak. Sering mengompol dan cepat lapar termasuk tanda-tandanya.

"Kalau misalnya anak-anak sudah melalui toilet training (latihan buang air), kemudian ada kejadian mengompol lagi yang cukup sering, itu harus diwaspadai," kata Ghaisani dalam diskusi daring yang dipantau dari Jakarta, Senin (20/11/2023).

Baca Juga

Apabila anak-anak sering mengompol, Ghaisani menyarankan untuk melakukan pemantauan gejala lain yang mengarah ke diabetes. Gejala lain tersebut meliputi tingginya frekuensi buang air kecil, sering merasa haus, cepat merasa lapar, penurunan berat badan, lemas, hingga infeksi berulang.

"Kalau misalnya ada gejalanya, harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," ucap Ghaisani.

Biasanya, lanjut Ghaisani, anak yang mengalami gejala-gejala itu perlu konsultasi ke dokter spesialis anak untuk memastikan apakah betul ada diabetes. Untuk memastikan hal tersebut, dokter akan memeriksa gula darah anak.

Ghaisani menyerukan agar masyarakat mewaspadai diabetes tipe 1 pada anak. Ia mengatakan bahwa masyarakat kurang sadar akan kemungkinan anak-anak mengalami diabetes karena terdapat anggapan bahwa diabetes biasanya terjadi pada usia lanjut.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement