Senin 20 Nov 2023 20:31 WIB

Dokter Ungkap 5 Kunci Penting agar Hidup Lebih Baik, Apa Saja?

Salah satu dari kunci tersebut adalah tidur yang cukup di malam hari.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Salah satu kunci hidup sehat adalah mendapatkan tidur yang cukup di malam hari. Secara umum, orang dewasa butuh tidur sekitar 7-9 jam tiap malam   (Ilustrasi Tidur Nyenyak)
Foto: Piqsels
Salah satu kunci hidup sehat adalah mendapatkan tidur yang cukup di malam hari. Secara umum, orang dewasa butuh tidur sekitar 7-9 jam tiap malam (Ilustrasi Tidur Nyenyak)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Setiap orang tentu ingin terus berkembang menjadi lebih baik, dari hari ke hari. Untuk bisa mewujudkan hal tersebut, ternyata ada lima kunci penting yang bisa membantu.

Menurut spesialis saraf Dr Andrew Huberman, salah satu dari kunci tersebut adalah mendapatkan tidur yang cukup di malam hari. Durasi "tidur yang cukup" untuk setiap orang bisa berbeda-beda. Namun secara umum, orang dewasa membutuhkan tidur sekitar 7-9 jam per malam.

Baca Juga

"Tidur merupakan praktik fundamental atau bagian dari siklus 24 jam kita, yang mana bila Anda tidak mendapatkannya (dengan cukup) secara konsisten, Anda akan menurunkan kemampuan Anda untuk bisa melakukan semua hal," lanjut Dr Huberman dalam tayangan "After Skool" di YouTube, seperti dilansir Indy100 pada Senin (20/11/23)

Kunci penting yang kedua adalah memulai aktivitas di pagi hari dengan berjalan kaki di alam terbuka. Dr Huberman mengungkapkan bahwa dia biasanya berjalan kaki sekitar jam 06.30 pagi selama 10-15 menit. "Keluar rumah untuk berjalan kaki selama 10 menit atau 15 menit merupakan hal yang sangat penting (dalam pemeliharaan) kesehatan mental dan fisik," tambah Dr Huberman.

 

Kunci yang ketiga adalah mengonsumsi air bergaram sebelum beraktivitas, sebagai pengganti kopi. Dr Huberman mengklaim bahwa konsumsi air bergaram bisa membantu memperbaiki fungsi-fungsi tubuh.

Sedangkan kunci yang keempat adalah meluangkan 90 menit untuk benar-benar fokus melakukan pekerjaan. Selama 90 menit ini, Dr Huberman menganjurkan orang-orang untuk menonaktifkan ponsel mereka dan memusatkan semua perhatian untuk melakukan pekerjaan. "Anda akan takjub melihat banyaknya hal yang bisa Anda kerjakan dalam waktu 90 menit bila Anda fokus," ujar Dr Huberman.

Kunci yang kelima adalah melakukan olahraga sekitar satu jam. Dr Huberman biasanya melanjutkan aktivitas ini dengan mandi menggunakan air dingin.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement