Jumat 17 Nov 2023 10:10 WIB

Lima Selebritas Korsel Ini Beli Rumah Mewah Secara Tunai, Ada Anggota BTS

Memiliki properti puluhan juta won tanpa pinjaman adalah hal yang mencengangkan.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Friska Yolandha
Jimin BTS.
Foto: Koreaboo
Jimin BTS.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Sementara pasar real estate mengalami perlambatan bertahap di Korea Selatan, industri hiburan memberikan gambaran yang kontras. Selebritas kelas atas tampaknya tidak terpengaruh oleh melonjaknya harga rumah dan kenaikan suku bunga KPR.

Berhasil dalam industri hiburan adalah hal yang sulit dan mirip dengan menemukan jarum di tumpukan jerami, namun begitu selebriti mencapai ketenaran, potensi akumulasi kekayaan tidak ada batasnya. Khususnya, ketika selebritas mencapai tingkat ketenaran tertentu, mereka sering kali menunjukkan kecakapan finansial mereka dengan membeli properti langsung dengan uang tunai.

Baca Juga

Bagi kebanyakan orang, gagasan untuk memperoleh properti senilai puluhan atau bahkan ratusan miliar won (jutaan dolar AS) tanpa pinjaman adalah hal yang mencengangkan dan hampir tidak terbayangkan. Bahkan di Korea Selatan, ada beberapa selebritas yang membeli rumahnya tanpa perlu KPR. 

Berikut beberapa artis yang membeli rumah tanpa KPR, dilansir Allkpop pada Jumat (17/11/2023).

1. RM dan Jimin BTS

 

Anggota BTS, RM dan Jimin membeli tempat tinggal kelas atas di 'Nine One Hannam' di Hannam-dong, Yongsan-gu, Seoul, pada tahun 2021. Keduanya memperoleh properti masing-masing secara tunai, tanpa KPR.

RM membeli unit dengan total luas lantai 293,93 meter persegi seharga 6,36 miliar won (sekitar Rp 76,2 miliar). Jimin juga memperoleh unit dengan ukuran serupa dengan RM dengan harga kurang lebih 5,9 miliar won (sekitar Rp 70,7 miliar).

Meskipun kedua unit di Nine One Hannam memiliki dimensi yang sama, telah diverifikasi bahwa ada atau tidaknya teras memengaruhi harga secara signifikan.

2. Jennie Blackpink

Jennie dilaporkan membeli sebuah unit di kompleks vila LaTerrace di UN Village, seharga 5 miliar won (Rp 59,9 miliar) tunai pada bulan Juli lalu. Apartemen mewah seluas 2.636 meter persegi ini dikatakan memiliki 5 kamar tidur dan 3 kamar mandi, dan Jennie dilaporkan membayar uang muka sebesar 10 persen untuk tempat tersebut pada bulan Februari 2021.

3. IU

IU juga mengakuisisi vila mewah senilai 13 miliar won (sekitar Rp 155,74 miliar). Vila ini adalah apartemen kelas atas 'Eterno Cheongdam' yang berlokasi di Cheongdam-dong, Gangnam-gu, Seoul. Mengingat wilayah ini dikenal dengan pembatasan pembelian rumah berbasis KPR, ada spekulasi bahwa IU menyelesaikan akuisisi properti seluruhnya dengan pembayaran tunai.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement