Kamis 16 Nov 2023 21:29 WIB

Kehamilan Sehat, Flek, dan Hamil Anggur, Hormon Ini yang Berperan

Perubahan hormonal terjadi sepanjang kehamilan.

Ibu Hamil (Ilustrasi). Peningkatan produksi hormon tertentu akan terjadi saat hamil.
Foto:

Fungsi HCG adalah untuk penempelan embrio ke rahim agar terjadi kehamilan. Kadar HCG juga akan semakin bertambah banyak seiring bertambahnya usia kehamilan.

Persoalannya, kadar HCG yang meningkat dua hingga tiga kali tidak baik. Itu dapat mengakibatkan banyak kista, sehingga sering disebut hamil anggur atau kantong hamil yang kosong.

"Untuk kasus hipertensi, trimester kedua juga HCG meningkat tinggi dan kasus-kasus keguguran secara spontan," ucap Cepi.

Sementara itu, jika hormon HCG terlalu rendah akan menjadi masalah yang berhubungan dengan pertumbuhan janin yang terhambat atau tidak sesuai dengan usia kehamilan. Keguguran, dan hipertensi dengan komplikasi juga berpotensi terjadi.

Setelah proses, melahirkan semua hormon tersebut akan menurun drastis. Nantinya, produksi hormon HCG akan berganti dengan hormon lainnya, seperti prolaktin yang mendukung proses inisiasi menyusu dini (IMD).

"Dengan turunnya progesteron dan estrogen, maka prolaktinnya makin tinggi dan bisa dikeluarkan spontan pada saat bayi sudah lahir," kata Cepi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement