Rabu 15 Nov 2023 16:41 WIB

Keluarga Kardashian-Jenner Pro Israel, Dapat Hujatan Hingga Kehilangan Followers

Kylie Jenner menghapus unggahannya setelah menerima banyak kecaman.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Kylie Jenner. Jenner dan keluarganya termasuk selebritas yang pro terhadap Israel.
Foto: Evan Agostini/Invision/AP
Kylie Jenner. Jenner dan keluarganya termasuk selebritas yang pro terhadap Israel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat banyak masyarakat dunia bersatu menyuarakan dukungan mereka untuk warga Palestina, sejumlah selebritas Hollywood seperti keluarga Kardashian kompak memberikan dukungan mereka untuk Israel. Salah satu anggota keluarga Kardashian yang menunjukkan dukungannya untuk Israel adalah Kris Jenner.

Melalui unggahannya di Instagram Story, Kris membagikan sebuah gambar yang menyatakan bahwa ada lebih dari 3.000 roket yang ditembakkan dari Gaza, Palestina, ke Israel. Gambar tersebut juga memuat informasi mengenai jumlah warga Israel yang tewas, terluka, dan diculik oleh Hamas. Tak hanya itu, gambar tersebut juga menyebut Hamas sebagai kelompok teroris.

Baca Juga

"Ini tak bisa digambarkan oleh kata-kata. Sangat mengerikan dan memilukan," tulis Kris dalam unggahan Instagram Story tersebut.

Anak perempuan Kris, Kim Kardashian, juga menyuarakan dukungannya untuk Israel. Kim menyatakan bahwa serangan yang dilakukan oleh Hamas merupakan serangan terorisme brutal yang membuat warga Israel dan Palestina kehilangan nyawa mereka dan menderita.

 

Meski begitu, Kim tampak lebih memfokuskan unggahannya untuk menyampaikan dukungan kepada warga Israel dan penganut Yahudi. Kim juga mengungkapkan bahwa dia akan selalu ada untuk teman-teman dan keluarganya yang merupakan penganut Yahudi.

"Sebuah pesan untuk teman dan keluarga Yahudi saya. Saya mencintai kalian. Saya mendukung kalian. Saya telah mendengar bagaimana kalian merasa takut pada saat ini, dan saya ingin kalian tahu bahwa kalian tidak sendirian," tulis Kim, seperti dilansir NewYorkPost pada Selasa (14/11/23).

Hal serupa juga dilakukan oleh adik Kim, Khloe Kardashian. Melalui unggahan Instagram Story, Khloe me-repost sebuah unggahan yang menyatakan bahwa Hamas merupakan organisasi teroris yang menyerang warga sipil dari darat, udara, dan laut. Unggahan tersebut juga menyatakan bahwa gambar-gambar warga Israel yang diculik oleh Hamas tampak sangat mengerikan.

Unggahan tersebut juga menyoroti bahwa penganut Yahudi telah mengalami persekusi selama ribuan tahun. Meski tak tinggal di Israel, mereka juga ikut merasakan kedukaan dan ketakutan karena tak ada yang membela mereka.

"Kita bisa, dan harus, selalu menggunakan suara kita untuk mengecam terorisme dan pembunuhan terhadap warga sipil yang tak masuk akal," ungkap unggahan yang di-repost oleh Khloe.

Anak bungsu dalam keluarga Kardashian, Kylie Jenner, pun ikut memberikan dukungannya untuk Israel. Melalui akun Instagram miliknya, Kylie membagikan sebuah gambar yang menampilkan bendera Israel. Pada gambar tersebut, terdapat kata-kata yang bertuliskan "Sekarang dan seterusnya, kami berdiri bersama warga Israel".

Namun dalam waktu singkat, Kylie menghapus unggahan tersebut dari akun Instagram miliknya. Kylie mengambil tindakan tersebut karena menerima banyak kritik dan kecaman dari pengikutnya di Instagram. Tak sedikit dari warganet yang mengkritik karena Kylie membuat komentar mengenai konflik Israel-Palestina dari satu sisi saja.

"Apakah kamu benar-benar manusia bila kamu mendukung zionis," tulis seorang warganet.

Sebagian warganet juga menyindir Kylie karena berkomentar mengenai isu yang tidak benar-benar dia pahami. Menurut warganet, tindakan Kylie yang menghapus unggahan pro Israel dengan cepat menunjukkan bahwa sang selebriti tidak benar-benar peduli dan memahami soal isu Israel-Palestina.

Beberapa warganet juga mengekspresikan kebingungan mereka karena Kylie membela Israel, meski dia berteman dengan supermodel Bella Hadid. Seperti diketahui, Bella merupakan salah satu selebriti yang dikenal sangat vokal menyuarakan dukungannya untuk warga Palestina.

 

"Kylie Jenner mendukung Israel di saat temannya, Bella Hadid, adalah keturunan Palestina, merupakan hal yang gila," kata seorang warganet.

Tak hanya sekedar mendapatkan kecaman, Kylie bahkan harus kehilangan cukup banyak pengikut. Seperti dilansir Times of India, unggahan kontroversial tersebut membuat Kylie kehilangan satu juta pengikut

Hingga saat ini, akun para anggota keluarga Kardashian masih dibanjiri oleh komentar dan kritik dari warganet. Warganet kerap meramaikan kolom komentar di akun Instagram keluarga Kardashian dengan simbol bendera Palestina dan dukungan untuk warga Palestina.

Pada akun Instagram Kim misalnya, dia baru saja membagikan foto-foto dirinya yang sedang bergaya dalam balutan gaun pendek bertabur swarovski. Kim juga tampak membagikan foto mobil bertabur swarovski yang dia naiki untuk menghadiri sebuah acara.

Unggahan tersebut diramaikan oleh komentar warganet yang menyatakan dukungan mereka untuk Palestina. Sebagian warganet memberikan respons berupa simbol bendera Palestina, dan sebagian lainnya menyuarakan "Bebaskan Palestina". Ada pula warganet yang mengkritik unggahan Kim karena dianggap kurang sensitif.

"Bayangkan, menjadi setidakpeka ini terhadap realita," ujar seorang warganet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement