Selasa 14 Nov 2023 15:01 WIB

Hamil Lagi Ketika Hamil? Ahli Jelaskan Fenomena Superfetasi

Anak yang lahir akibat superfetasi berisiko komplikasi seperti kelahiran prematur.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Friska Yolandha
Ibu Hamil. Ilustrasi. Dokter menjelaskan tentang superfetasi.
Foto:

Bagaimana Superfetasi Terjadi?

Untuk terjadi superfetasi, seorang wanita perlu ovulasi kembali, yang jarang terjadi karena kadar hormon progesteron yang tinggi selama kehamilan mencegah ovulasi. Dalam kasus superfetasi, ovulasi terjadi dalam siklus berikutnya setelah terjadinya kehamilan, dan sperma melakukan perjalanan ke tuba falopi, melewati kehamilan yang sudah ada, dan membuahi sel telur yang telah berovulasi. Embrio yang terbentuk kemudian melakukan perjalanan kembali ke rahim dan tertanam, meskipun sudah ada kehamilan sebelumnya.

Apakah Ada Cara untuk Menghindari Superfetasi?

Dr Gaffney menyatakan bahwa tubuh menghasilkan hormon yang mencegah kehamilan berikutnya saat seorang wanita sudah hamil. Karena itu, kebanyakan wanita tidak perlu khawatir. Namun, jika Anda ingin sepenuhnya menghindari kemungkinan superfetasi, Anda dapat menggunakan metode kontrasepsi yang biasa Anda gunakan, atau menghindari hubungan seksual setelah kehamilan Anda ditegaskan oleh dokter. Meski begitu, superfetasi adalah kejadian yang sangat langka.

Bagaimana Superfetasi Memengaruhi Persalinan?

Ketika superfetasi terjadi, persalinan berlangsung seperti persalinan kehamilan kembar biasa. Biasanya, usia bayi cukup dekat sehingga mereka dapat berkembang sepenuhnya dan lahir dalam keadaan sehat.

Namun, ibu yang mengalami superfetasi memiliki risiko lebih tinggi menjalani operasi caesar karena kehamilan kembar memiliki risiko yang lebih tinggi. Juga, penyedia layanan kesehatan mungkin merekomendasikan operasi caesar terencana untuk meningkatkan peluang persalinan yang sehat bagi kedua bayi tanpa komplikasi. Hal ini disebabkan oleh perbedaan maturitas antara bayi pertama dan bayi kedua.

Bagaimana Dampaknya pada Anak-anak yang Dilahirkan melalui Superfetasi?

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement