Rabu 08 Nov 2023 18:55 WIB

Lima Makanan Ini Memiliki Indeks Glikemik Rendah

Indeks glikemik berguna menentukan dampak makanan terhadap gula darah.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Kacang-kacangan merupakan salah stau makanan dengan indeks glikemik rendah.
Foto:

Makanan yang memiliki GI rendah antara lain daging, unggas, telur, kacang-kacangan, buncis, serta beberapa buah dan sayuran. Makanan rendah GI mengandung nutrisi yang membantu mengurangi dampaknya terhadap kadar gula darah, seperti serat dan protein.

1. Makanan Kaya Protein

Ayam, daging sapi, ikan, dan telur semuanya memiliki GI nol karena mengandung karbohidrat nol atau sangat sedikit, dan memiliki efek minimal terhadap kadar gula darah.

Makanan kaya protein memperlambat pencernaan, yang meningkatkan rasa kenyang dan memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah. Menggabungkan makanan tinggi karbohidrat, seperti biji-bijian, dengan makanan kaya protein, seperti telur atau ayam, dapat membantu mengurangi dampak makanan terhadap gula darah.

Itulah sebabnya mengapa penderita diabetes umumnya disarankan untuk memasangkan karbohidrat dengan sumber protein. Mengonsumsi makanan kaya protein sebelum makanan tinggi karbohidrat juga dapat membantu mengurangi lonjakan gula darah pasca makan. 

2. Sayuran tidak Bertepung

Sayuran nontepung biasanya rendah karbohidrat dan tinggi serat. Seperti protein, serat memperlambat pencernaan dan penyerapan gula ke dalam aliran darah. Studi menunjukkan bahwa diet tinggi serat bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2, obesitas, dan banyak kondisi kesehatan lain yang berhubungan dengan kadar gula darah tinggi.

Menambahkan sayuran nontepung rendah GI ke dalam makanan dapat membantu meningkatkan asupan serat, yang merupakan cara mudah untuk meningkatkan kontrol gula darah yang sehat dan perasaan kenyang.

3. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan protein dan serat nabati, yang keduanya dapat memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah. Karena kaya serat, protein, serta memiliki GI rendah, kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan pilihan cerdas bagi orang yang ingin meningkatkan pengendalian gula darah.

Studi menunjukkan bahwa....

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement