Rabu 08 Nov 2023 18:52 WIB

Dokter Ungkap Pentingnya Daya Tahan Tubuh untuk Tangkal Cacar Monyet

Ada banyak cara bagaimana seseorang dapat menjaga daya tahan tubuhnya.

Cacar monyet (ilustrasi). Dokter menyampaikan pentingnya masyarakat khususnya anak-anak untuk menjaga daya tahan tubuh terutama di tengah penularan cacar monyet.
Foto: Republika/Mardiah
Cacar monyet (ilustrasi). Dokter menyampaikan pentingnya masyarakat khususnya anak-anak untuk menjaga daya tahan tubuh terutama di tengah penularan cacar monyet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional Jamu Indonesia (PDPOTJI) Dr (cand) dr Inggrid Tania, M.Si menyampaikan pentingnya masyarakat khususnya anak-anak untuk menjaga daya tahan tubuh. Utamanya, di tengah penularan cacar monyet seperti sekarang.

“Ada banyak cara bagaimana kita dapat menjaga imun tubuh, mulai dari mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, istirahat yang cukup, menjaga hidrasi, sampai olahraga,” kata Inggrid melalui keterangannya diterima di Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Baca Juga

Walaupun kasus cacar monyet jarang terjadi pada anak, namun anak yang berusia di bawah delapan tahun memiliki risiko yang lebih besar dibandingkan orang dewasa dalam mengalami gejala cacar monyet yang lebih berat. Oleh sebab itu masyarakat diharapkan lebih optimal dalam menjaga kekebalan tubuh, mengingat virus yang menular dengan cepat terutama kepada anak-anak.

“Pada kondisi yang demikian, diperlukan asupan dari luar karena belum tercukupinya kebutuhan vitamin dan mineral yang berasal dari makanan sehari-hari, karenanya kita membutuhkan tambahan asupan vitamin atau nutrisi berbahan herbal. Tapi, ingat, harus yang aman,” kata Inggrid.

 

Terkait dengan pemilihan vitamin herbal ini, Inggrid secara khusus memberikan tips yang tepat di saat tingginya kasus wabah menular seperti cacar monyet, seperti pastikan keamanan produk vitamin herbal dengan cek nomor registrasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). "Jika memiliki sertifikat fitofarmaka, itu lebih baik, karena telah teruji klinis," Inggrid menjelaskan

Kemudian pilih produk yang aman digunakan dalam jangka panjang dan yang terbukti efektif dalam meningkatkan imun tubuh atau bersifat imunomodulator. Selain itu utamakan produk vitamin herbal yang telah dianjurkan oleh para ahli atau tenaga kesehatan, serta gunakan sesuai petunjuk.

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement