Kamis 02 Nov 2023 12:26 WIB

Wanita Palestina Terpaksa Minum Pil Penunda Haid di Tengah Serangan Israel, Apa Itu?

Ada beberapa alasan mengapa wanita memilih untuk meminum obat penunda haid.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Seorang wanita Palestina. Wanita di Palestina terpaksa mengonsumsi pil penunda haid karena minimnya sanitasi dan pembalut.
Foto: AP Photo/Abed Khaled
Seorang wanita Palestina. Wanita di Palestina terpaksa mengonsumsi pil penunda haid karena minimnya sanitasi dan pembalut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Serangan yang dilakukan Israel ke Palestina terus berlanjut. Salah satu dampak dari masalah ini adalah minimnya sanitasi dan pembalut untuk kaum wanita.

Hal tersebut akhirnya membuat perempuan Palestina terpaksa menggunakan pil penunda haid. Apa itu?

Baca Juga

Dilansir laman Heca Health pada Kamis (2/1/2023), tablet penunda haid tidak berfungsi sebagai alat kontrasepsi dan tidak dapat digunakan untuk menghindari kehamilan. Keduanya adalah obat yang berbeda untuk tujuan yang berbeda. Tujuan utama dari tablet penunda siklus menstruasi sesuai dengan namanya, untuk menunda siklus atau menstruasi.

Tablet penundaan menstruasi mengandung norethisterone yang merupakan versi sintetis dari progesteron. Hormon progesteron bertugas menjaga pintu lapisan rahim dalam dua pekan mendatang untuk mempersiapkan datangnya sel telur yang telah dibuahi.

 

Jika hal ini tidak terjadi dan kehamilan tidak terjadi, terjadi penurunan tajam kadar progesteron, sehingga rahim melepaskan lapisannya dan menstruasi dimulai. Hormon progesteron dalam tablet penunda siklus menstruasi memberi sinyal pada tubuh untuk berhenti memproduksi hormon pemicu ovulasi dan menstruasi.

Haid membawa banyak ketidaknyamanan dan kegelisahan pada tubuh wanita. Ada beberapa alasan mengapa wanita memilih untuk meminum obat penunda haid. Namun, sebelum mengonsumsi tablet ini secara teratur, seseorang harus mewaspadai efek samping tablet penundaan menstruasi.

Beberapa penyebab paling umum wanita yang mengonsumsi tablet hormon ini adalah:

1. Acara khusus 

Sering kali, wanita meminum tablet penunda menstruasi ketika mereka harus menjadi bagian dari acara khusus. Kegunaan tablet ini adalah untuk mengabaikan banyak ketidaknyamanan yang berhubungan dengan siklus menstruasi.

2. Kondisi medis

Wanita dengan masalah kesehatan kronis seperti endometriosis meminum tablet penundaan siklus menstruasi untuk menghindari rasa sakit dan ketidaknyamanan tambahan.

3. Bepergian

Bepergian berjam-jam dalam jangka waktu tertentu bisa sangat tidak nyaman sekaligus menantang. Dari menjaga kebersihan hingga selalu bepergian, menstruasi, dan bepergian bukanlah kombinasi yang baik.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement