Rabu 01 Nov 2023 15:10 WIB

Daftar Grup K-pop yang Mengganti Leader Mereka

Mengubah leader akan mengubah dinamika dan identitas kelompok.

Rep: Desy Susilawati / Red: Friska Yolandha
Wonder girls. Ini Daftar Grup K-pop yang Mengganti Leader mereka.
Foto: music.oryn-cell.com
Wonder girls. Ini Daftar Grup K-pop yang Mengganti Leader mereka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di K-pop, kepemimpinan memainkan peran penting dalam mengarahkan grup menuju kesuksesan. Meskipun banyak kelompok yang mempertahankan pemimpin aslinya selama perjalanan mereka, hanya sedikit kelompok yang memilih melakukan transisi kepemimpinan, yang mengakibatkan perubahan menarik dalam dinamika dan identitas kelompok.

Mari kita selidiki beberapa grup K-pop yang telah mengalami perubahan kepemimpinan ini seperti dilansir All K-Pop, Rabu (1/11/2023).

Baca Juga

1. Everglow

Pada 25 Mei 2021, dua tahun setelah debut mereka, Everglow mengumumkan bahwa Sihyeon telah mengambil alih sebagai pemimpin grup, peran yang sebelumnya dipegang oleh E:U.

2. Winner

Dalam acara bertahan hidup "WIN: Who Is Next?" Winner dimulai sebagai Tim A, dengan Mino sebagai pemimpinnya. Namun, dia terluka di tengah pertunjukan, dan Seungyoon, anggota termuda, mengambil alih sebagai pemimpin grup.

3. CLC

Pada tahun 2016, ketika pemimpin asli CLC, Seunghee, mengundurkan diri, Seungyeon mengambil peran sebagai pemimpin grup. Seunghee mengungkapkan dalam surat fan cafe bahwa setelah penambahan dua anggota baru, dia memutuskan untuk meninggalkan posisi kepemimpinan untuk membuat CLC lebih solid.

4. Cross Gene

Awalnya Takuya adalah leader dari Cross Gene, namun setelah mereka selesai mempromosikan album pertamanya, kepemimpinannya beralih ke Shin karena Takuya merasa terbebani sebagai leader karena dari segi usia, dia berada di tengah-tengah grup.

5. T-ara

T-ara dulunya memiliki sistem pemimpin bergilir, yang memungkinkan setiap anggota mengambil giliran sebagai pemimpin. Ketika mereka pertama kali debut pada tahun 2009, Jiae adalah pemimpinnya. Pada tahun 2014, Qri menjadi pemimpin, dan dia adalah pemimpin grup saat ini.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement