Senin 30 Oct 2023 10:03 WIB

FIlm yang Soroti Kepahitan Masyarakat Palestina, Ada yang Diganjar Banyak Penghargaan

Realitas pahit di Palestina terekam dalam beberapa judul film.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film Born In Gaza. Ini menjadi salah satu film yang mengangkat kisah penderitaan dan perjuangan masyarakat di Palestina.
Foto: Dok. La Claqueta PC/Underdog Films
Salah satu adegan di film Born In Gaza. Ini menjadi salah satu film yang mengangkat kisah penderitaan dan perjuangan masyarakat di Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa hari terakhir warga di seluruh dunia sedang menyoroti perang antara Hamas dan Israel. Belum ada kabar membaik dari situasi ini, tapi korban jiwa terus bertambah. Perseteruan antara Palestina dan Israel memang belum menemukan titik terang hingga sekarang.

Dalam industri hiburan, realita pahit ini terekam dalam jejak dokumenter dan film yang mengangkat tema Palestina. Berikut simak daftarnya, seperi dilansir Savoir Flair, Sabtu (14/10/2023):

Baca Juga

1. 5 Broken Cameras (2011)

photo
Salah satu adegan 5 Broken Cameras. - (Dok. Kino Lorber)

 

 

5 Broken Cameras adalah laporan langsung mengenai protes di Bil'in, Ramallah, sebuah desa di Tepi Barat yang terkena dampak tembok pembatas Tepi Barat Israel. Hampir seluruh adegan diambil oleh petani Palestina Emad Burnat yang membeli kamera pertamanya pada tahun 2005 untuk merekam kelahiran putra bungsunya dan menceritakan perlawanan tanpa kekerasannya terhadap tindakan tentara Israel.

2. Jenin, Jenin (2002)

photo
Salah satu adegan di film Jenin, Jenin. - (Dok. Mohammad Bakri)

 

Jenin, Jenin merupakan film garapan aktor terkemuka Palestina, Mohammed Bakri. Untuk menggambarkan apa yang disebut Bakri sebagai "kebenaran Palestina" tentang Invasi Jenin, para saksi dan orang yang selamat berbicara tentang serangan tahun 2002 yang dilakukan tentara Israel terhadap kamp pengungsi Palestina di Jenin.

3. Born In Gaza (2014)

photo
Salah satu adegan di film Born in Gaza. - (Dok. La Claqueta PC/Underdog Films)

 

Difilmkan selama pengepungan Gaza pada tahun 2014 yang menyebabkan 507 anak tewas dan 3.598 luka-luka, Born in Gaza mengikuti kehidupan 10 anak kecil yang tinggal di Jalur Gaza. Film mengkaji dampak fisik dan psikologis dari anak-anak yang tumbuh di zona perang. Selain itu, film juga berfokus pada kekerasan yang menghancurkan akibat pendudukan Israel dan dampaknya terhadap anak-anak Gaza.

Nomor 4...lanjutkan membaca>>

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement