Jumat 13 Oct 2023 20:12 WIB

Lagu yang Berkisah tentang Palestina, Suarakan Dukungan dan Harapan Mulia

Beberapa musisi menyatakan dukungan terhadap Palestina lewat lagu.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Warga Palestina berjalan melewati puing-puing bangunan yang hancur akibat serangan udara Israel di Kota Gaza pada Rabu, (11/10/2023)WIB. Ada lagu-lagu yang berkisah tentang Palestina.
Foto: AP Photo/Hassan Eslaiah
Warga Palestina berjalan melewati puing-puing bangunan yang hancur akibat serangan udara Israel di Kota Gaza pada Rabu, (11/10/2023)WIB. Ada lagu-lagu yang berkisah tentang Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA —Serangan yang dilakukan Israel terhadap Palestina telah terjadi selama bertahun-tahun. Duka yang dialami masyarakat Palestina membuka mata dan menjadi para musisi untuk melahirkan karya yang mencerminkan dukungan dan kesadaran terhadap masalah tersebut.

Dalam upaya mendukung perdamaian dan mengungkapkan solidaritas terhadap penduduk Palestina yang terdampak konflik, lagu-lagu ini menyuarakan pesan perdamaian dan harapan untuk masa depan yang lebih baik. Berikut daftar beberapa lagu yang merangkum berbagai aspek konflik Palestina dan menyampaikan pesan dukungan:

Baca Juga

1. "We Will Not Go Down (Song for Gaza)"

Lagu ini dinyanyikan oleh Michael Heart. Tembang tersebut adalah simbol dukungan kuat untuk Gaza dan warganya yang mengalami dampak langsung dari konflik.

2. "Palestine Tomorrow Will Be Free" 

Lagu ini dilantunkan oleh Maher Zain. Liriknya memberikan gambaran tentang masa depan yang lebih cerah bagi Palestina, meskipun saat ini dihadapkan pada kesulitan.

3. “Long Live Palestine" 

Lagu ini dibawakan oleh Lowkey. Lewat tembang ini, dia menyoroti ketidakadilan yang terjadi di Palestina dan mengajak pendengarnya untuk bersama-sama mendukung Palestina.

4. "The Beat Never Goes Off Ft. MC Abdul & Noel Kharman" - Tamer Nafar

Lagu ini menggambarkan semangat dan ketahanan Palestina dalam menghadapi konflik.

5. "From the River" - Muad X Zayaan

Lagu ini dinyanyikan oleh Muad X Zayaan. Tembang ini mengusung pesan kesatuan Palestina dari sungai hingga laut.

6. “We Shall Overcome”

Lagu ini dilantunkan Roger Waters. Tembang ini menciptakan harapan dan semangat untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi oleh Palestina.

7. "Freedom for Palestine"

Tembang ini dibawakan oleh OneWorld. Ini merupakan sebuah lagu yang mengungkapkan keinginan akan perdamaian dan kemerdekaan bagi Palestina.

Selain itu, ada pula beberapa lagu dalam bahasa Indonesia yang juga menyuarakan dukungan dan solidaritas untuk Palestina, antara lain "Palestina" dari Iwan Fals, "Lagu Untuk Palestina" dari Jovita Aurel, dan "Pemuda Palestina" dari edCoustic. Lagu-lagu ini membantu mengingatkan dunia akan situasi di Palestina dan mendukung upaya-upaya menuju perdamaian, serta harapan untuk masa depan yang lebih baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement