Sabtu 28 Oct 2023 08:04 WIB

Bawa Banyak Uang Tunai ke Bandara? Pikir 2x, Pengalaman Penumpang Ini Bisa Jadi Pelajaran

Penumpang perlu berpikir 2 kali tentang banyaknya uang tunai yang dibawa di tas.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Uang tunai (ilustrasi). Penumpang pesawat sebaiknya berpikir dua kali sebelum membawa banyak uang tunai ke bandara.
Foto:

Dalam insiden serupa pada Maret 2021, musisi Brian Moore mengatakan kepada Fox News bahwa dia sedang menunggu penerbangannya menuju Los Angeles di bandara Atlanta ketika dua wanita yang mengaku DEA menginterogasinya. Agen menyita uang tunai sebesar 8.500 dolar AS yang dia bawa untuk video musik pertamanya.

Moore menggambarkan pengalaman itu sebagai mengerikan dan terburuk dalam hidupnya dan seolah menghancurkan karier musiknya hanya dalam beberapa menit. Di juga tidak terbukti terlibat soal narkoba.

Uang Moore akhirnya dikembalikan setelah perjuangan hukum selama setahun, menurut Fox News. Namun dia tetap harus membayar biaya hukum sebesar 15 ribu dolar AS, hampir dua kali lipat dari jumlah uang yang tadinya disita petugas.

Penumpang harus mengajukan klaim dalam waktu 45 hari setelah menerima pemberitahuan resmi bahwa pemerintah telah menyita uang mereka atau uang tersebut otomatis hangus. Beban pembuktian secara teknis ada pada pemerintah federal untuk menunjukkan bukti bahwa mereka yakin uang tersebut kemungkinan besar berasal dari perdagangan narkoba. Namun catatan pengadilan menunjukkan bahwa dalam praktiknya, penumpang sering kali dipaksa untuk membuktikan bahwa uang mereka "innocent" alias bersih dari kejahatan, atau akan disita sebagai hasil penjualan narkoba di bandara. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement