Sabtu 28 Oct 2023 07:18 WIB

Bingung Makan Apa di Festival Jajanan Bango? 5 Kuliner Ini Layak Dicoba

Ada 5 rekomendasi kuliner yang patut Anda coba di Festival Jajanan Bango.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Pelaku UMKM yang berpartisipasi di Festival Jajanan Bango (FJB) 2023. Ada beberapa kuliner yang layak Anda coba di Festival Jajanan Bango.
Foto: Republika/Meiliza laveda
Pelaku UMKM yang berpartisipasi di Festival Jajanan Bango (FJB) 2023. Ada beberapa kuliner yang layak Anda coba di Festival Jajanan Bango.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Festival Jajanan Bango (FJB) mulai digelar pada Jumat (27/10/2023) hingga Ahad (29/10/2023) di Plaza Parkir Timur Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat. Festival kuliner yang mengangkat tema "Bangkitkan Sejuta Rasa Nusantara" menghadirkan lebih dari 100 jajanan kuliner dari berbagai wilayah Indonesia. 

Mulai dari camilan, makanan berat, hingga minuman khas Indonesia tersedia di festival ini. Jika Anda bingung ingin mencoba yang mana, berikut lima rekomendasi yang bisa Anda coba:

Baca Juga

1. Ikan Bakar Parape

Salah satu jajanan yang menjadi andalan di FJB adalah Ikan Bakar Parape. Menu khas Makassar, Sulawesi Selatan, ini bisa dinikmati dengan nasi putih hangat. Rasa ikannya kaya, mulai dari gurih hingga manis yang akan memanjakan lidah Anda. Untuk harga per porsinya Anda cukup membayar Rp 50 ribu. 

2. Iga Bakar Si Jangkung 

Bagi pencinta kuliner khususnya, Bandung, pasti tahu Iga Bakar Si Jangkung yang viral di media sosial. Buat warga Jakarta dan sekitarnya, sekarang nggak perlu lagi jauh-jauh pergi ke Bandung. Cukup datang ke FJB dan Anda bisa menikmati makanan khas Bandung dengan membayar Rp 50 ribu per porsi. 

3. Sate Maranggi Haji Yetty Purwakarta

Bagi pencinta sate, Anda tidak boleh melewatkan Sate Maranggi Haji Yetty Purwakarta. Sate sapi dengan bumbu kecap bisa dinikmati bersama nasi hangat atau tanpa nasi. Dagingnya empuk ditambah bumbu kecapnya yang khas akan membuat Anda nagih. Untuk harganya baik pakai nasi atau tidak cukup membayar Rp 30 ribu.

4. Bakwan Udang Pontianak Mak Nga

Bagi yang mencari camilan, bakwan udang khas Pontianak ini bisa menjadi opsi. Anda bisa memilih antara bakwan udang teri atau udang biasa. Rasanya gurih, cocok untuk menjadi makanan pembuka. Anda cukup membayar Rp 30 ribu per porsi yang terdiri dari enam bakwan.

5. Kong Djie Coffee Belitung sejak 1943

Bukan sembarang kopi, Kong Djie Coffee menawarkan kopi khas Belitung yang sudah ada sejak 1943. Kopi yang ditawarkan merupakan campuran dari Arabica Robusta yang diseduh dengan cara tradisional. Untuk rasa pahitnya khas, tidak seperti kopi kekinian yang ada di kafe-kafe Jakarta. Jika Anda tidak suka kopi, Anda bisa membeli menu Coklat Susu. Untuk harganya, per cup Rp 25 ribu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement