Kamis 26 Oct 2023 15:40 WIB

Film Berdasarkan Kisah Nyata yang Justru Jauh dari Fakta

Aktor di salah satu film ini bahkan dapat 'penghargaan' Aktor Terburuk 2014.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film Diana (2013).
Foto:

4. Jobs (2013)

photo
Salah satu adegan di film Jobs (2013). - (Dok. Open Road Films)

 

Pendiri Apple, Steve Jobs, adalah salah satu pebisnis paling cerdas dan dihormati dalam sejarah. Sebagai pionir teknologi informasi, Jobs bertanggung jawab atas pembuatan produk seperti iPod, iPhone, dan toko Apple. Disutradarai oleh Joshua Michael Stern, film Jobs yang dibintangi Ashton Kutcher adalah film kontroversial tentang kehidupan Steve Jobs dari 1974 hingga 2001.

Film tersebut mendapat sambutan dingin dari salah satu pendiri Apple Computer Steve Wozniak, yang menyatakan dalam sebuah wawancara bahwa film tersebut salah memberikan fakta tentang karier Jobs, dan mengagungkan Steve Jobs tanpa melihat dengan baik kekurangan pribadinya. Ashton Kutcher juga mendapat kritik atas perannya sebagai Steve Jobs, dan memenangkan Golden Raspberry Award untuk Aktor Terburuk pada 2014. Film Steve Jobs tahun 2015 yang dibintangi oleh Michael Fassbender kemudian mendapat sambutan yang jauh lebih hangat dari Wozniak dalam hal akurasi.

5. Diana (2013)

photo
Naomi Watts berperan sebagai Putri Diana dalam film berjudul Diana - (Reuters)

 

Diana, Putri Wales dianggap sebagai salah satu wanita paling inspiratif dan ikonik dalam sejarah. Dicintai dan dihormati banyak orang, kematian tragis Putri Diana pada 1997 menyebabkan patah hati di seluruh dunia. Film Diana 2013 yang dibintangi Naomi Watts berfokus pada dua tahun terakhir hidupnya, melihat bagaimana dia fokus pada kegiatan amal dan perselingkuhan rahasianya dengan ahli bedah jantung, Hasnat Khan.

Ketika Diana dirilis, film tersebut mendapat kecaman dari para kritikus dan penonton dengan banyak yang mengeklaim film tersebut terlalu fokus pada gosip dan peristiwa palsu yang terjadi dalam hidupnya. Mantan kekasih Diana, Khan, bahkan menyatakan bahwa film tersebut memperlihatkan hubungannya dengan Diana adalah salah dan bahwa film tersebut didasarkan pada hipotesis dan gosip. Meskipun Naomi Watts mencoba yang terbaik, sudah lama diklaim bahwa film tahun 2013 tersebut tidak memberikan keadilan bagi Putri Diana yang sebenarnya, dalam menggambarkan kehidupan petualangannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement