Rabu 25 Oct 2023 12:57 WIB

Anak-Anak Ikuti Aksi Solidaritas Online untuk Palestina di Roblox

Ruang digital (PALESTINE) Dataran Tanjung Mas dirancang menyerupai dunia nyata.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Serangan bertubi-tubi yang menjatuhkan banyak korban sipil di Palestina mendorong digelarnya aksi solidaritas untuk membela rakyat Palestina di berbagai negara.
Foto: AP Photo/Ali Mahmoud
Serangan bertubi-tubi yang menjatuhkan banyak korban sipil di Palestina mendorong digelarnya aksi solidaritas untuk membela rakyat Palestina di berbagai negara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Serangan bertubi-tubi yang menjatuhkan banyak korban sipil di Palestina mendorong digelarnya aksi solidaritas untuk membela rakyat Palestina di berbagai negara. Anak-anak yang masih terlalu kecil dan tak bisa mengikuti aksi tersebut memilih untuk mengekspresikan dukungan mereka secara daring melalui platform gim daring Roblox.

Aksi solidaritas daring pro Palestina ini dilakukan pada sebuah event bernama (PALESTINE) Dataran Tanjung Mas. Event ini dibuat untuk memberikan ruang daring bagi para pemain di Roblox yang ingin berpartisipasi dalam aksi solidaritas membela rakyat Palestina.

Baca Juga

Event ini tampaknya dibuat oleh seorang gamer asal Malaysia dengan nama pengguna cikguzyd. Cikguzyd merupakan sosok gamer yang cukup populer dan memiliki sekitar 200 ribu pengikut di Tiktok.

Aksi solidaritas daring untuk membela rakyat Palestina di Roblox tersebut telah diabadikan dalam video diunggah di berbagai platform media sosial, seperti X dan Tiktok. Dalam berbagai video yang diunggah, aksi solidaritas ini tampak diikuti oleh banyak pemain anak-anak.

Para pemain yang hadir dalam aksi solidaritas daring itu kompak membawa bendera Palestina. Dalam aksi solidaritas tersebut, cikguzyd terlihat memimpin doa dalam bahasa Arab hingga menyampaikan aspirasi.

Hingga saat ini, event yang dibuat pada 14 Oktober 2023 tersebut telah dikunjungi lebih dari 27.000 kali. Saat pemain memasuki event atau ruang digital tersebut, mereka dapat memilih bendera Malaysia atau Palestina untuk mereka bawa dalam aksi solidaritas.

Ruang digital (PALESTINE) Dataran Tanjung Mas dirancang menyerupai situasi aksi solidaritas di dunia nyata. Sebuah bendera Palestina yang besar tampak dikibarkan di area pintu masuk.

Ada pula tulisan "We Love Palestine" berukuran besar di air dan banner besar bertuliskan "Solidarity untukmu Palestine" di area lain. Dan seperti aksi solidaritas di dunia nyata, tampak barikade hingga speaker di tengah para partisipan yang melengkapi jalannya aksi solidaritas.

Di ruang digital tersebut juga terpampang papan donasi yang menunjukkan semua nama pemain beserta donasi yang telah mereka berikan. Donasi terbesar yang diberikan oleh seorang pemain adalah 2.250 Robux atau sekitar 28 dolar AS (Rp 444.220). Sedangkan para pemain lain umumnya memberikan donasi dengan nilai yang lebih kecil, yaitu sekitar 10-15 Robux.

Event ini tidak secara khusus dibuat untuk pemain anak-anak. Akan tetapi, Roblox dikenal sebagai platform gim daring yang sangat populer di kalangan anak-anak.

Oleh karena itu, banyak orang berspekulasi bahwa aksi solidaritas daring untuk Palestina ini diikuti oleh anak-anak. Terlebih, tak sedikit warganet yang mengungkapkan bahwa anggota keluarga mereka yang masih anak-anak juga mengikuti aksi tersebut.

"Sepupu saya berusia 15 tahun dan tak bisa berpartisipasi dalam protes, jadi dia memilih pergi ke aksi solidaritas yang ada di Roblox. Bro, saya menangis," tulis seorang warganet di X, seperti dilansir Mashable pada Rabu (25/10/23).

Mengetahui bahwa anak-anak mengikuti aksi solidaritas daring untuk Palestina, banyak warganet yang merasa tersentuh. Banyak pula warganet yang memberikan pujian kepada anak-anak dalam aksi solidaritas daring tersebut. Selain itu, warganet juga menilai aksi solidaritas daring ini merupakan cara yang lucu dan kreatif untuk menyampaikan aspirasi.

"Anak-anak memang merupakan masa depan," ujar warganet lain di X, seperti dikutip oleh Republika.co.id. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement