Selasa 24 Oct 2023 17:55 WIB

Dapat Atasi Penyumbatan Jantung, Berapa Batas Pemasangan Ring Jantung di Tubuh?

Penyakit jantung koroner adalah salah satu silent killer yang mematikan.

Rep: Desy Susilawati / Red: Friska Yolandha
Ring jantung dalam kondisi sudah mengembang yang biasa digunakan dalam prosedur Primary PCI untuk pasien serangan jantung.
Foto:

Berapa batas pemasangan ring jantung di dalam tubuh?

Pemasangan ring jantung memang bisa dilakukan dan membuka lebih dari 1 penyumbatan. Namun berapakah batas pemasangan ring jantung yang ada di dalam tubuh kita? 

Secara resmi, tidak ada batasan secara pasti untuk jumlah maksimal pemasangan ring jantung yang bolehkan di dalam tubuh. Namun standarnya dokter bisa memasang 2 hingga 3 ring jantung dalam sekali operasi. Dokter bisa melakukan pemasangan ring lagi apabila ada penyumbatan lagi di kemudian hari.

Berapa jumlah ring jantung yang bisa ditampung oleh tubuh akan bergantung dari kondisi pasien itu sendiri. Beberapa faktor yang bisa berperan dalam jumlah pemasangan ring seperti usia, anatomi tubuh, hingga faktor kesehatan atau penyakit tertentu. 

Kondisi faktor risiko dan penyakit penyerta kadang tidak memungkinkan untuk dilakukan operasi jantung CABG sehingga tetap dipilih untuk dilakukan pemsangan ring jantun walaupun memerlukan ring dalam jumlah yang lebih banyak. Selain itu anatomi tertentu juga tidak memungkinkan untuk dilakukan pemasangan ring walaupun hanya 1 penyumbatan sehingga harus dilakukan operasi bedah pintas jantung (CABG). 

Apakah ring jantung efektif untuk mengatasi penyumbatan jantung? 

Menurutnya, ring jantung saat ini menjadi metode yang dianggap cukup efektif dalam mengatasi penyumbatan pada jantung. Selain sifatnya yang minimal invasif, ring jantung juga terbuat dari bahan yang tahan lama sehingga cocok menjadi pilihan yang efektif untuk dilakukan oleh pasien berisiko tinggi seperti lansia.

Namun dalam kondisi tertentu, ring jantung mungkin bukan menjadi pilihan terbaik untuk menangani penyumbatan jantung. Pada beberapa kasus, jumlah penyumbatan mungkin sudah terlalu banyak atau ada kondisi tertentu yang menyebabkan mereka tidak dianjurkan untuk melakukan pemasangan ring jantung.

Oleh sebab itu, beberapa pasien mungkin akan lebih direkomendasikan untuk melaksanakan tindakan lain seperti CABG atau lebih dikenal sebagai bypass jantung. CABG adalah metode operasi konvensional dengan mengambil pembuluh darah yang ada di kaki dan menaruhnya di jantung untuk membuat jalur baru untuk darah mengalir dengan lancar.

 

Namun untuk mengetahui metode mana yang paling tepat untuk menangani penyumbatan jantung yang dihadapi, sebaiknya konsultasikan diri Anda dengan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah. Dokter dapat melakukan beberapa tes seperti pemeriksaan fisik hingga EKG untuk mengevaluasi fungsi jantung Anda. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement