Selasa 17 Oct 2023 22:05 WIB

Pemkot Jakpus Gelar Vaksin Rabies Gratis Selama 2 Hari di Kemayoran

Pemilik hewan peliharaan cukup antusias mengikuti layanan kegiatan vaksin rabies ini.

Dokter hewan menyuntikkan vaksin rabies ke seekor kucing (ilustrasi). Pemkot Jakpus menggelar vaksin rabies gratis
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Dokter hewan menyuntikkan vaksin rabies ke seekor kucing (ilustrasi). Pemkot Jakpus menggelar vaksin rabies gratis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Pusat menggelar vaksin rabies gratis terhadap hewan penular rabies (HPR) di wilayah Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Kemayoran. Kegiatan ini dilakukan selama dua hari.

"Berlangsung selama dua hari. Sekarang di Kantor Kelurahan Sumur Batu dan besoknya di RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) Mutiara Sumur Batu," kata Sekretaris Kelurahan Sumur Batu, Pandhu Withono, di Kantor Kelurahan Sumur Batu, Jakarta Pusat, Selasa (17/10/2023).

Baca Juga

Pandhu menjelaskan warga pemilik hewan peliharaan sangat antusias mengikuti layanan kegiatan vaksin rabies ini berkat peran RT dan RW yang menginformasikan ke warga melalui grup WhatsApp. Menurut Pandhu, vaksin HPR sangat penting untuk mencegah infeksi yang disebabkan oleh virus rabies.

Vaksin ini mampu membuat tubuh hewan memproduksi perlindungan sendiri atau antibodi terhadap virus rabies. "Dengan adanya vaksin rabies ini, DKI Jakarta bisa bebas dari hewan penular rabies," katanya.

 

Salah satu warga Kelurahan Sumur Batu, Dahlima Siregar, mengaku senang dengan adanya kegiatan vaksinasi ini karena membuat hewan peliharaan menjadi sehat dan terbebas dari rabies.

"Saya berharap kegiatan ini tetap ada di tiap tahunnya. Sehingga pemilik hewan peliharaan seperti, anjing, kucing, dan kera dapat rutin memvaksinasi hewan kesayangannya, dan Jakarta bebas dari penyakit rabies," katanya. Pemkot Jakpus mencatat ada sebanyak 174 hewan mendapatkan pelayanan vaksinasi rabies meliputi 39 ekor anjing dan 135 ekor kucing.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement