Sabtu 14 Oct 2023 14:15 WIB

Miliki Sejumlah Manfaat, Susu Bebas Laktosa Kian Digandrungi

Intoleransi laktosa adalah kondisi di mana seseorang kesulitan mencerna laktosa.

Susu (ilustrasi).
Foto: Pxhere
Susu (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Minum susu secara rutin dapat bermanfaat positif bagi kesehatan, mulai dari imunitas tubuh, sumber energi, regenerasi sel, hingga memenuhi gizi harian. Namun tidak banyak produsen susu yang memproduksi susu bebas laktosa untuk masyarakat yang mengalami intoleransi laktosa. 

Dokter Farhan Zubedi berbagi ilmu dan pengalaman seputar intoleransi laktosa, perbedaan intoleransi laktosa dan alergi susu, dan bagaimana susu bebas laktosa menjadi solusi intoleransi laktosa. Sementara kiat untuk mengatasi intoleransi laktosa ialah dengan mengonsumsi susu yang tidak mengandung laktosa. Lantaran pencegahan supaya tidak terkena gejala tersebut adalah menghindari penyebabnya. 

Baca Juga

“Intoleransi laktosa adalah kondisi di mana seseorang kesulitan mencerna laktosa. Hal itu terjadi karena di tubuh seseorang kekurangan enzim laktase yang seharusnya mengubah laktosa menjadi glukosa dan juga galaktosa. Kalau laktase ini tidak ada, berarti laktosa tidak bisa dicerna, maka akan sampai ke usus besar. Di sini lah terjadinya fermentasi oleh bakteri di dalam usus besar tersebut sehingga bisa menimbulkan gejala-gejala seperti diare, perut kembung, kram perut, ataupun bergas,” ungkap dr.Farhan, seperti dinukil pada Sabtu (14/10/2023). 

photo
Dokter Farhan Zubedi berbagi ilmu dan pengalaman seputar intoleransi laktosa. - (Dok. Meg)

Dokter yang menerima apresiasi di ajang TikTok Awards Indonesia 2021 di kategori Best of Sports, Fitness, and Wellness ini menambahkan, mengonsumsi susu secara rutin sangat penting untuk kesehatan tubuh, terlebih jika didukung dengan pola makan dan pola hidup sehat.

 

“Mengonsumsi susu itu penting, karena susu kaya akan vitamin, mineral, protein, hingga kalsium dan beberapa manfaat lain yang berfungsi untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh terutama bagi tulang dan gigi. Untuk pola minum susu dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu, selama konsumsi susu tersebut dibarengi dengan gizi seimbang lain yang kita dapatkan dari makanan,” kata dia.

Senada dengan dr. Farhan Zubedi, pasangan suami istri yang merupakan influencer sekaligus content creator Mak dan Bapak Gabe atau Chintami Sinaga dan Dimas Parasian mengaku membiasakan keluarga tercinta untuk minum susu setiap harinya. Dengan adanya MilkLife Lactose Free Choco Hazelnut, ia merasa sangat antusias karena tak perlu khawatir untuk memberikan susu untuk buah hatinya.

Selain bebas laktosa, varian rasa choco hazelnut sangat digemari oleh keluarga Mak Bapak Gabe. “Walaupun keluarga kami tidak intoleran laktosa, tapi kami jadi merasa lebih aman mengonsumsi susu. Keluarga kami memang membiasakan minum susu, terutama semenjak punya anak. Dengan Lactose Free Choco Hazelnut ini, pasti Gabe (anak) suka banget dan makin sering minum susunya,” kata Mak Gabe.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement