Kamis 12 Oct 2023 14:48 WIB

Viral Siswa SD Dicibir karena Bawa Bekal Ulat Sagu, Ternyata Sarat Nutrisi

Ulat sagu merupakan sumber makanan yang sangat kaya akan protein dan asam amino.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Warga memperlihatkan ulat sagu di Perkampungan Yoboi, Distrik Sentani, Jayapura.
Foto:

Kandungan gizi ulat sagu yang lebih terperinci dipaparkan dalam sebuah studi. Dilansir situs Radio Nigeria Ibadan, ulat sagu merupakan sumber makanan yang sangat kaya akan protein, asam amino, minyak, karbohidrat, mineral, juga serat makanan.

Sebuah penelitian tahun 2011 menyatakan bahwa ulat sagu merupakan sumber yang kaya akan magnesium, kalsium, seng, zat besi, kalium, fosfor, asam lemak, lipid, serat makanan, dan karbohidrat. Begitu pula asam lemak seperti asam palmitat dan asam stearat. Komposisi nutrisi ulat sagu (gram/100 gram berat kering) yakni 25,8 gram protein, 38,5 gram lemak, 2,1 gram kadar abu, 33,2 gram karbohidrat, dan 583 kkal energi.

Selain itu, ada beberapa manfaat ulat sagu bagi kesehatan. Serat makanan yang terdapat dalam ulat sagu membantu pencernaan makanan sehingga mencegah risiko sembelit dan perut kembung.  Ini juga mudah dicerna dan meningkatkan metabolisme. Ulat sagu pun digunakan untuk keperluan farmasi dalam pembuatan obat.

Khasiat lain yaitu menguatkan tulang dan gigi karena ulat sagu kaya akan mineral seperti kalsium dan magnesium. Sementara, kandungan protein tinggi seperti yang disampaikan seorang guru di video yang viral juga sangat penting bagi tubuh. 

Protein membangun jaringan yang sudah usang dan membuat jaringan baru. Sebuah penelitian pada tahun 2017 menyelidiki analisis protein ulat sagu dan mengungkapkan bahwa ulat sagu memiliki kandungan nutrisi protein yang hampir sama dengan kedelai dan minim kolesterol.

 

Bagi pengidap diabetes, ulat sagu baik dikonsumsi karena rendah gula dan dapat membantu menjaga kadar gula. Manfaat lainnya dari ulat sagu yaitu membantu menurunkan kadar kolesterol, serta memberikan perlindungan karena sifat antimikroba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement