Rabu 11 Oct 2023 21:50 WIB

Tips ke Toilet Umum Bagi yang 'Takut' Kotor, Lakukan 3 Hal Ini

Ada orang yang rela menahan buang air daripada menggunakan toilet umum.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Seseorang pergi ke toilet umum (ilustrasi). Ada beberapa tips aman ke toilet umum bagi Anda yang takut kotor.
Foto: www.freepik.com
Seseorang pergi ke toilet umum (ilustrasi). Ada beberapa tips aman ke toilet umum bagi Anda yang takut kotor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika berada di luar rumah dan ingin buang air, kita tak punya pilihan selain menggunakan fasilitas toilet umum. Jika kamu termasuk orang yang "takut" pergi ke toilet umum, bisa jadi kamu menderita paruresis.

Ada kalanya kita merasa ingin menahannya daripada menggunakan atau buang air di toilet umum. Dilansir Health Shots, Rabu (11/10/2023), dokter obstetri dan ginekolog, dr Divya Vora, berbagi empat toilet hacks untuk mengatasi rasa takut terhadap toilet umum:

Baca Juga

1. Jangan pernah melupakan sanitizer dudukan toilet dan tisu 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa toilet umum terbuka untuk digunakan oleh siapa saja dan semua orang. Orang-orang dari semua lapisan masyarakat mengunjunginya setiap hari. Jadi, tidak dapat dipungkiri jika dudukan toilet terlihat tidak rapi.

 

Kapan pun merasa terjebak dalam situasi seperti ini tanpa ada orang di sekitar yang bisa membantu, maka harus biasakan membawa sanitizer dan tisu di tas, untuk membersihkan dudukan toilet dan kemudian menggunakannya.

2. Cobalah memilih toilet Indonesia dibandingkan toilet barat

Toilet di Indonesia biasanya dikurasi sedemikian rupa sehingga perpindahan kuman lebih sedikit, dan juga baik untuk tubuh secara keseluruhan. Toilet barat merupakan hal yang umum, namun ini menyebabkan meningkatnya berbagai masalah kesehatan. 

3. Gunakan hand shower untuk dudukan toilet

“Gunakan hand shower atau air untuk membersihkan dudukan toilet, ketika tidak memiliki tisu,” kata dr Vora. Tidak ada perawatan mewah yang bisa mengalahkan penggunaan air. Jadi jika tidak ada tisu, gunakan hand shower untuk membersihkan dudukan toilet dengan benar sebelum digunakan.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement