Ahad 08 Oct 2023 20:50 WIB

Raup Cuan Jalur Bisnis Halal, Coba Deretan Teknologi AI Ini

Teknologi AI mengubah cara kerja bisnis dengan memberikan solusi baru.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Menjalankan bisnis halal yang menguntungkan memerlukan banyak usaha dan strategi tidak konvensional. Salah satunya dengan teknologi kecerdasan buatan (AI). ./ilustrasi
Foto: Unsplash
Menjalankan bisnis halal yang menguntungkan memerlukan banyak usaha dan strategi tidak konvensional. Salah satunya dengan teknologi kecerdasan buatan (AI). ./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Menjalankan bisnis halal yang menguntungkan memerlukan banyak usaha dan strategi tidak konvensional. Salah satunya dengan teknologi kecerdasan buatan (AI). 

Teknologi tersebut telah mengubah cara kerja bisnis dengan memberikan solusi baru terhadap permasalahan umum. Ada banyak alat AI untuk mempermudah pemasaran. Contohnya, penulisan konten, verifikasi halal, desain grafis, pemasaran video, manajemen media sosial, penelitian, dan alat produktivitas. Beberapa alat yang terdaftar memiliki versi gratis dan tombol drag-and-drop yang membuatnya ramah bagi pemula. 

Baca Juga

Dilansir Halal Times, Ahad (8/10/2023), berikut puluhan alat AI yang sedang tren untuk menjadikan bisnis Halal Anda lebih produktif. 

 

1.Alat penulisan konten 

Banyak alat penulisan AI yang mirip dengan asisten menulis pribadi Anda. Mereka memiliki banyak fitur unik yang dapat membantu Anda menulis postingan blog yang menarik, pembaruan media sosial yang menarik, dan deskripsi produk yang menari. Alat-alat ini dapat membantu Anda menulis salinan penjualan yang persuasif, iklan yang menarik, dan email, seperti halnya seseorang. 

AI yang sedang tren dalam kategori ini adalah ChatGPT, BuzzSumo, Jasper AI, SurferSEO, Grammarly, Atomic Research, Quillbot, Ai writer, Copyscape, dan WordAi. 

 

2. Alat verifikasi halal

Ada dua alat dalam kategori ini. Pertama, Chemometric AI untuk sertifikasi Halal seperti Electronic nose E-nose untuk Halal, Internet of Things IoT untuk sertifikasi Halal, dan SMCA untuk menentukan kontaminan. Alat baru ini dapat membantu menyederhanakan verifikasi halal, namun hal tersebut memerlukan lebih banyak penelitian oleh pengusaha halal itu. 

Kedua, alat verifikasi halal ini membantu pembeli mengidentifikasi produk bersertifikat Halal dan menciptakan keaslian. Beberapa contohnya, yaitu Verify Halal, Scan Halal, QuikHalal, Halal buddy, Islamicyly, dan Halal Check E-numbers. 

 

3. Pemasaran media sosial 

Bisnis halal Anda dapat menggunakan banyak alat AI untuk membantu pemasaran media sosial, perencanaan konten, analisis data, periklanan, dan tugas lainnya. Alat pemasaran media sosial yang didukung AI dapat memberi Anda informasi tentang audiens, membantu Anda menemukan kemungkinan pemasaran baru, dan membuat pelacakan yang sangat baik untuk mempromosikan barang halal Anda. 

Beberapa alat yang bisa Anda coba, adalah Flick, textCortex, Hellowoofy, Emplifi, Social bakers, Heyday, Acrolinxs, Magic Studio, Vista Social, Content Studio, dan Buffer. 

 

4. Alat desain grafis

Alat bertenaga AI untuk desain grafis ini mudah digunakan dan fleksibel. Mereka mudah digunakan dan menawarkan banyak fitur kreatif, termasuk pengeditan gambar, desain grafis, dan pengoptimalan tata letak. Alat desain ini bisa digunakan Anda untuk membuat logo, pamflet, presentasi, atau grafik media sosial untuk bisnis Halal Anda. Sebut saja seperti Canva, Midjourney, Adobe Firefly, Gamma.ai, Let’s Enhance, Designs.ai, Designer, Prisma, dan Dream Studio. 

 

5. Video dan pemasaran

Dengan video dan alat pemasaran yang didukung AI, Anda dapat membuat video yang dipersonalisasi, sulih suara nyata, dan avatar mirip manusia untuk menyampaikan pesan pemasaran Anda. 

Berbagai alat AI-nya adalah Synthesia, Lumen 5, Capcut, D-ID, Wise cut, Midjourney, Colossyan, Pictory, In Video, dan Fotor.ai.

 

6. Riset pasar dan produktivitas

Alat AI untuk riset pasar dapat membantu Anda menjelajah seluruh web untuk mendapatkan informasi tentang produk Halal Anda. Ada banyak alat yang dapat membantu Anda mengetahui pendapat pesaing dan pengguna Anda. Anda juga dapat menggunakannya untuk mendapatkan data penjualan merek Anda, mengumpulkan catatan penjualan, dan meningkatkan produktivitas Anda. 

Berbagai alat tersebut adalah Notion, Think with Google, Ubbersugest, Asana, Semrush, Ahref, Survey Monkey, Hoot suite, Sprout Social, Loop11, Remesh, Bit, dan Google Trends.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement