Jumat 06 Oct 2023 09:50 WIB

Wahana Rumah Hantu 'Pocong Gundul' Hadir di Margo City Depok, tak Sekadar Jual Jumpscare

Wahana ini dibangun dengan set mirip lokasi syuting film Pocong Gundul.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Beberapa potret suasana Instalasi Horror Experiential Kisah Tanah Jawa Pocong Gundul yang berlokasi tepat di samping XXI Margo City Depok.
Foto: Dok CreativeIntel
Beberapa potret suasana Instalasi Horror Experiential Kisah Tanah Jawa Pocong Gundul yang berlokasi tepat di samping XXI Margo City Depok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sudah menonton film Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul? Jika sudah, mungkin kamu ingin mencoba masuk ke Instalasi horror experiential bertajuk Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul.

Wahana rumah hantu karya CreativeIntel berkolaborasi dengan MD Entertainment dan Noice ini dibangun dengan set mirip di lokasi syuting yang berlatar sekolah tua, instalasi ini benar-benar akan menyerang psikologis pengunjung. Tiket masuk instalasi yang persis berada di di XXI Margo City Depok ini Rp 75 ribu dan dapat dibeli di Goers. Wahana ini akan hadir sepanjang Oktober 2023.

Baca Juga

“Kami buat gimana caranya orang merasakan sedang berada di dalam filmnya. Kami bangun ini secara serius, di dalamnya berkolaborasi dengan banyak orang kreatif,” ujar Chief Creative Officer MahakaX dan Founder Creativeintel, Ishak Reza, dalam konferensi pers di Margo City Depok, Kamis (5/10/2023).

Sesuai dengan namanya, instalasi ini menggunakan latar film Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul dengan kombinasi antara bangunan sekolah tua yang seram, di mana Walsidi (Pocong Gundul) hidup. Pengunjung akan disuguhkan lebih dari sekadar museum atau instalasi berbau horor, tetapi sebuah pengalaman yang mendalam dan memungkinkan mereka menjadi bagian dari perjalanan cerita Kisah Tanah Jawa.

Pengunjung akan diajak berpartisipasi aktif dalam cerita, mencari petunjuk, bersembunyi, memecahkan misteri, dan menjadi bagian dari kisah yang menegangkan, baik di masa lalu maupun masa sekarang. Tidak seperti horror experiential biasa, Kisah Tanah Jawa menawarkan pengalaman keseraman yang lebih mendalam dan berfokus pada horor psikologis daripada sekadar jumpscare

Pengunjung juga akan menemukan Collective Area yang didesain seperti kantin sekolah, yang bukan hanya berfungsi sebagai tempat uji nyali bersama tetapi juga sebagai tempat untuk bersantai, makan, berfoto, dan bersenang-senang bersama teman-teman mereka. Ini adalah sebuah perjalanan cerita yang mengundang pengunjung untuk merasakan, berpartisipasi aktif, dan menjadi bagian dari pengalaman yang mendalam. “Kami ingin mereka tidak hanya melihat, tetapi juga merasakan dan menjalani kisah ini,” kata Ishak.

Beberapa ruangan yang akan dilewati oleh setiap pengunjung untuk merasakan ketegangan instalasi horor ini antara lain Sekolah Mistis, Ruang Kepsek, Mantra 3 Benda, Ruang Dapur, Lorong Sekolah, Ruang Jahit, Ruang Jahit-Lorong Sekolah, Ruang Kelas (Looping), Gerbang Dimensi, Tanah Kuburan, dan Sumur Tua.

Dengan target pengunjung mencapai 10 ribu pengunjung selama satu bulan, CreativeIntel, MD Entertainment, dan Noice, menyasar generasi urban yang selalu siap berpetualang, mencari pengalaman unik, dan aktif di media sosial. Instalasi experiential memungkinkan mereka untuk merasakan aura mistis dan sejarah kaya budaya Tanah Jawa.

"Jujur, kami menghabiskan banyak waktu, energi, dan kreativitas dalam menciptakan pengalaman ini, dan kami sangat berharap pengunjung kami akan menemukan Kisah Tanah Jawa sangat menghibur, mendalam, dan berkesan,” ucap Ishak.

Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul adalah adaptasi dari pengalaman mistis unik Om Hao, seorang individu dengan kemampuan retrokognisi yang luar biasa. Film ini disutradarai oleh Awi Suryadi dan dibintangi oleh Deva Mahendra, Della Dartyan, Iwa K, dan Nayla Purnama.

Sebagai permulaan dari petualangan ajaib Om Hao dan Kisah Tanah Jawa-nya yang akan diangkat ke layar lebar, horror experiential ini akan membawa pengalaman mistis tersebut ke dunia nyata. Tidak hanya visual, Kisah Tanah Jawa ini juga hadir dalam bentuk audio podcast yang telah mengudara di Noice dengan jumlah pendengar setia yang terus bertambah tiap waktu. 

“Salah satu konten horor terfavorit di Noice sendiri adalah podcast Tanah Jawa yang merupakan ekspansi dari IP Kisah Tanah Jawa. Oleh karena itu kami bekerja sama dengan MD dan CreativeIntel untuk menghadirkan Kisah Tanah Jawa Collective Experience agar para penikmat konten horor di Noice bisa mendapatkan pengalaman langsung yang lebih seru dan menegangkan,” ujar Chief Business Officer (CBO) Noice, Niken Sasmaya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement