Selasa 03 Oct 2023 16:11 WIB

Jangan Anggap Enteng, Begini Tanda Cacar Air

Cacar air adalah penyakit yang bisa menular dari udara dan sentuhan kulit.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Bayi terkena cacar air
Foto:

Varisela dapat menyebabkan komplikasi seperti infeksi bakteri sekunder, pernapasan, neurologik, gastrointestinal, kardiovaskular hingga menyebabkan kematian. Tanda cacar air dapat menjadi komplikasi, bisa lebih mengarah pada hal sebagai berikut.

  1. Komorbid pada penderita varisela
  2. Daya tahan tubuh lemah
  3. Virus yang terlalu banyak 
  4. Pengaruh lingkungan, seperti pancaroba

Tanda harus dibawa ke dokter, menurut dia, semakin cepat, lebih baik. Misalnya ketika ada tanda-tanda varisela, orang seisi rumah yang belum terkena penyakit bisa segera mendapatkan vaksin sebagai bentuk pencegahan. 

Tentu penting segera membawa anak jika tampak mengalami lemas, kebiruan hingga kejang. Penting diingat bahwa tertular varisela bisa dari sejak masa inkubasi, seperti lima hari atau satu pekan yang lalu.

 

Dia menambahkan 2-3 pasien memerlukan perawatan akibat cacar air. Terbanyak karena infeksi paru, demam tinggi, bahkan bisa meninggal. Usia 4-10 tahun rentan terkena cacar air.

Cacar itu itu sangat menular, terlebih lagi, yang tertular akan mengalami kondisi yang lebij berat. “Seperti tanda sundutan rokoknya di kulit kebanyakan lebih dari 50,” kat dia menambahkan. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement