Senin 25 Sep 2023 20:01 WIB

Ide Cerita Petualangan Sherina 2 Berawal dari Pengalaman di Kalimantan

Ikut serta dalam pelepasliaran orangutan sangat membekas bagi Mira dan Riri.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Indira Rezkisari
Produser Petualangan Sherina 2 Mira Lesmana dan sutradara Riri Riza di kawasan Jakarta Selatan, Senin (25/9/2023).
Foto: Republika/Meiliza laveda
Produser Petualangan Sherina 2 Mira Lesmana dan sutradara Riri Riza di kawasan Jakarta Selatan, Senin (25/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produser film musikal Petualangan Sherina 2 Mira Lesmana mengungkapkan proses mendapatkan ide cerita untuk Petualangan Sherina 2. Saat memutuskan untuk membuat sekuel Petualangan Sherina, pihaknya berpikir untuk membawakan cerita yang baik.

"Kami merasa harus membawakan cerita yang baik, sesuatu yang kami rasa perlu disampaikan. Tapi saat itu belum ketemu," kata Mira saat konferensi pers Petualangan Sherina 2 di kawasan Jakarta Selatan, Senin (25/9/2023).

Baca Juga

Dalam proses mencari ide cerita, suatu saat Sherina Munaf mengatakan dia harus pergi ke Kalimantan untuk melakukan pelepasliaran orangutan. Mengetahui kabar itu, Mira bersama sutradara Riri Riza merasa tertarik untuk ikut serta.

Sherina menjelaskan dia sedang dalam misi untuk membantu program dari organisasi nirlaba Indonesia, Borneo Orangutan Survival Foundation.

"Saya dan Riri langsung bilang, 'Sher boleh ikut nggak?' Sherina bilang 'Beneran? Ini perjalanannya susah.' Saya bilang saya dan Riri bisa. Akhirnya kami berdua dicarikan dua seat untuk ke sana," ujarnya.

Ternyata proses untuk mengikuti kegiatan tersebut cukup lama. Sebelum bertemu dengan orangutan, mereka harus melewati proses cek kesehatan, seperti periksa darah dan rontgen.

Namun, proses panjang itu membuahkan hasil. Ikut serta dalam pelepasliaran orangutan merupakan pengalaman yang sangat berharga dan membekas bagi dirinya, Riri, dan Sherina. Dari situlah, ide cerita untuk sekuel film muncul.

"Akhirnya kami memutuskan ini cerita yang akan kami bawa ke sekuel. Tentunya idenya mudah, tapi prosesnya sangat kompleks. Sejak awal proses penulisan sangat hati-hati dan memperhatikan bagaimana menjaga keselamatan dan kesejahteraan orangutan yang tentunya penting untuk diberikan suara," ucapnya.

Selama proses pembuatan film, Riri juga mengaku telah melibatkan banyak pihak yang sangat memahami bagaimana melibatkan orangutan dalam film. Misalnya, saat pengambilan adegan pelepasliaran, itu hanya bisa dilakukan sekali.

"Jadi saat itu kami tidak mungkin buat adegan dilepas lalu diambil lagi. Tidak ada take ulang. Semuanya dipersiapkan sangat detail supaya tidak ada risiko sedikit pun ke orangutan," kata Riri.

Petualangan Sherina 2 merupakan film lanjutan dari Petualangan Sherina yang dirilis pada tahun 2000 lalu. Sekuel tersebut telah memakan waktu tiga tahun dalam proses pembuatannya dan akan meluncur di bioskop pada 28 September 2023 mendatang.

Film akan mengisahkan Sherina (Sherina Munaf) yang bertemu kembali dengan sahabat kecilnya Sadam (Derby Romero) di Kalimantan untuk pelepasliaran orangutan. Reuni manis terhenti ketika anak orang utan bernama Sayu dicuri sekelompok orang.

Sherina dan Sadam harus berusaha menemukan kembali kebersamaan, demi menyelamatkan Sayu dan juga kelangsungan persahabatan mereka yang baru saja tumbuh kembali. Sebuah sekuel dari film legendaris, bernuansa musikal dengan sentuhan aksi petualangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement