Senin 18 Sep 2023 05:17 WIB

Kenalan dengan Lee Hyun-woo, Aktor Korea yang Selalu Selamat dari Kontroversi

Lee Hyun-woo selalu berhasil lolos dari kontroversi yang dia buat berulang kali

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Lee Hyun Woo
Foto: Allkpop
Lee Hyun Woo

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Menjalani karier di industri hiburan Korea bukanlah hal yang mudah. Namun saat berhasil, mempertahankan posisi untuk waktu yang lama akan menjadi hal yang sangat menantang. 

Seringkali yang diperlukan seorang bintang papan atas untuk kehilangan kariernya adalah kontroversi. Namun, aktor Lee Hyun-woo selalu berhasil melindungi dirinya dari kontroversi yang dia buat berulang kali.

Lee adalah penyanyi dan aktor terkenal di Korea. Meskipun lahir di Seoul, dia pindah ke Amerika Serikat (AS) bersama orang tuanya lalu menjadi warga negara Amerika yang dinaturalisasi. Lee memulai debut di industri hiburan pada tahun 1991 sebagai penyanyi.

Album debutnya, Black Rainbow, mencapai popularitas yang signifikan. Kemudian dia beralih ke dunia akting dan membintangi drama populer seperti Cats on the Roof (2003), Wedding (2005), dan Oh! My Lady (2010). Selain itu, dia juga menjadi juri di program bakat populer Mr. Trot Musim 2 (2022).

Meskipun memiliki resume yang bagus, Lee sebenarnya lebih dikenal karena berhasil bertahan dari satu skandal ke skandal lainnya. Salah satu di antaranya berpotensi mengakhiri karier banyak orang. Aktor ini mendapat julukan terkenal, “Grand Hyun Woo."

Kontroversi besar pertama Lee Hyun-woo mengenai penggunaan ganja. Pada tanggal 14 Januari 1993, dia ditangkap karena menghisap ganja yang dianggap sebagai kejahatan serius. 

Dia dibebaskan dengan jaminan pada tanggal 1 Februari, setelah itu dia kembali ke AS. Dalam wawancara berikutnya, Lee mengungkapkan dia tidak menyadari hal tersebut sebagai kejahatan di Korea. Setelah kejadian tersebut, Lee dilarang dari siaran Korea untuk sementara waktu hingga dia kembali lagi pada tahun 2017. November 1993.

Pada tahun yang sama, manajer Lee dicurigai menyuap produser dan reporter sekitar 226 dolar AS dan 1.130 dolar AS. Kasus ini dibawa ke pengadilan dan manajer Lee diselidiki berdasarkan kecurigaan bahwa suap dan Lee memenangkan Broadcaster’s Singer Award pada tahun 1992.

Namun, waktu kepulangannya ke AS menimbulkan kontroversi lebih lanjut seputar dugaan penghindaran wajib militer. Publik curiga dia kembali ke AS dan memasuki Korea hanya setelah melewati batas usia wajib militer.

Namun, ada pendapat yang berlawanan mengenai hal ini. Beberapa orang mengatakan dia tidak pernah melepaskan kewarganegaraan Koreanya untuk menghindari wajib militer. 

Kontroversi terbesar dalam karier Lee terjadi pada tahun 2006 dan 2007....

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement